BerandaInternasionalTurki Ancam Lakukan Serangan Darat ke Suriah

Turki Ancam Lakukan Serangan Darat ke Suriah

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Pesawat-pesawat tempur Turki telah melakukan serangan udara terhadap pangkalan-pangkalan militan Kurdi di Suriah dan Irak, menghancurkan 89 target, kata Kementerian Pertahanan Turki.
Serangan udara itu dilakukan Turki sebagai pembalasan atas serangan bom di kota Istanbul yang menewaskan enam orang dan melukai 81 orang lainnya pekan lalu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam akan memperluas operasi militer terhadap militan Kurdi di wilayah Suriah utara dengan melakukan serangan darat. Hal ini berisiko meningkatkan ketegangan di Suriah di mana pasukan Amerika Serikat dan Rusia hadir.

“Ini tidak terbatas hanya pada kampanye udara,” kata Erdogan kepada wartawan, setelah serangan udara yang menargetkan kelompok Kurdi, Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG), afiliasi PKK di Suriah.

“Kami akan berkonsultasi dengan Kementerian Pertahanan dan staf jenderal kami dan memutuskan bersama sejauh mana pasukan darat kami perlu berkontribusi, kemudian mengambil langkah yang sesuai,” imbuh Erdogan seperti dilansir Financial Times, Selasa (22/11/2022).

Erdogan selama berbulan-bulan telah mengancam akan melancarkan serangan darat terhadap YPG di Suriah utara, yang menurutnya menimbulkan risiko keamanan nasional bagi Turki.

Pemerintah Turki menganggap YPG sebagai kelompok teror yang berafiliasi dengan PKK.

Erdogan mengatakan “70 pesawat dan drone” yang “menembus 140 kilometer (87 mil) ke Irak utara dan 20 kilometer ke Suriah utara” melakukan serangan pada Minggu (20/11). Erdogan mengatakan dia “tidak melakukan pembicaraan” dengan Presiden AS Joe Biden ataupun Presiden Rusia Vladimir Putin “tentang masalah operasi”.

Turki sering menuduh Washington memasok pasukan Kurdi dengan senjata sementara Rusia mendukung milisi pro-Damaskus di wilayah Suriah. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini