Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Otomotif · 31 Mar 2024 07:26 WIB ·

Tips Menjaga Konsentrasi Berkendara Selama Perjalanan Mudik


 Tips Menjaga Konsentrasi Berkendara Selama Perjalanan Mudik Perbesar

Suarainndo.com – Menghentikan aktivitas makan dan minum di siang hari selama berpuasa di bulan Ramadan mengurangi asupan nutrisi tubuh yang dapat menyebabkan penurunan tingkat energi saat melakukan aktivitas sehari-hari, jika tidak diatur dengan baik.

Bagi para pengemudi yang tetap beraktivitas rutin dari dalam kabin mobil, kewaspadaan tak boleh goyah. Konsentrasi dan responsifitas tubuh menerjang tiap kilometer di jalanan tetap dibutuhkan sembari menjalankan ibadah puasa.

Tantangan semakin nyata saat menempuh jarak yang jauh seperti saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Jangan sampai hilang fokus karena lapar menjadi alasan yang mengancam keselamatan diri dan keluarga.

Perhatikan asupan makan: kurangi gula saat sahur, konsumsi saat berbuka

Puasa dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi di siang hari jika tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur. Untuk menghindari dehidrasi, disarankan memperbanyak konsumsi air putih saat sahur.

Selain itu, penting juga untuk memilih makanan yang mengandung banyak serat dan protein saat sahur. Kandungan ini memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama sebagai pemasok energi yang cukup hingga waktu berbuka tiba.

Sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula tinggi, karena gula cenderung diserap tubuh dengan cepat. Ini akan membuat energi tak lagi tersisa di dalam tubuh ketika siang hari.

Ketika waktu berbuka tiba, disarankan untuk mengonsumsi minuman dan makanan manis guna memenuhi kebutuhan gula tubuh supaya tubuh kembali bugar. Namun, tetap penting untuk memahami batasan diri agar tidak mengonsumsi gula secara berlebihan yang dapat mengakibatkan rasa kantuk.

Lebih baik hindari berbuka sambil menyetir. Jika memang terpaksa, makan dan minumlah secukupnya untuk membatalkan puasa, dan kemudian berhenti untuk melanjutkan makanan ketika sudah aman.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tren Pembiayaan Kendaraan Listrik Menunjukkan Kinerja Positif pada Awal Tahun 2024

28 April 2024 - 21:34 WIB

Hindari Kecelakaan, Pemudik Diminta Rutin Cek Kesehatan di Posko Mudik

2 April 2024 - 14:05 WIB

Produsen mobil China BAIC resmi masuk ke pasar Indonesia

2 April 2024 - 13:52 WIB

Pakar : Alasan Harga Mobil China Terjangkau di Indonesia

2 April 2024 - 13:49 WIB

Gunakan Baterai Lokal, Harga Mobil Listrik Turun 30%

31 March 2024 - 07:30 WIB

Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia Tembus Rp 4,49 Triliun

5 March 2024 - 08:13 WIB

Trending di Otomotif