BerandaLifestyleTips Gaya Hidup Sehat Ampuh Cegah Serangan Jantung

Tips Gaya Hidup Sehat Ampuh Cegah Serangan Jantung

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Penyakit jantung masih menempati posisi teratas sebagai penyebab kematian dibanding penyakit mematikan lainnya. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam siapa saja. Baik orang tua maupun anak muda bisa saja mempunyai risiko penyakit ini. Jika tidak mendapatkan penanganan yang sirius, penyakit jantung dapat mengancam keselamatan nyawa seseorang.

Yuk simak daftarnya lengkap tips gaya hidup sehat dan ampuh untuk cegah serangan jantung pada artikel berikut.

  • Memperbanyak konsumsi lemak baik dan serat.
    Penyakit jantung secara bertahap dapat memburuk jika tidak diiringi dengan perubahan pola hidup dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. Memperbanyak konsumsi lemak baik dan serat.

Pilihlah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi. Sayuran ini terkenal dengan kekayaan vitamin, mineral, sumber vitamin K, dan antioksidan yang baik untuk jantung. Untuk buah yang baik untuk jantung adalah tomat, stroberi, blueberry, atau raspberry, jeruk, melon, dan pepaya.

Sedangkan lemak baik dapat diperoleh dari Makanan untuk kesehatan jantung berikutnya yaitu ikan berlemak. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk jantung. Jenis ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 antara lain: Salmon, Makarel, Ikan kembung, Ikan sarden, Tuna, dan lainnya.

  • Menjaga berat badan agar ideal
    Dikutip dari Very Well Health, penyakit jantung dan penurunan berat badan terkait erat karena risiko penyakit jantung dikaitkan dengan berat badan. Para ahli medis menganggap obesitas dan kelebihan berat badan sebagai faktor risiko utama untuk penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Cobalah untuk mengurangi berat badan secara perlahan. Mulailah dengan mengurangi 500 kalori dalam diet harian Anda untuk 3-4 minggu. Target penurunan berat badan rata-rata sekitar setengah hingga 1-kilogram seminggu. Jadi, sudah tahu kan kalau menjaga berat badan ideal bukanlah karena masalah penampilan fisik, tetapi juga menjadi cara menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Mengelola stres dengan baik

  • Stres dapat memengaruhi penyakit jantung dengan cara yang lebih halus. stres dapat menyebabkan beberapa orang melakukan tindakan yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Misalnya, ketika stres, orang sering makan makanan tidak sehat dan tidak memiliki energi atau waktu untuk berolahraga. Stres juga dapat mempengaruhi kita untuk berperilaku yang dapat merusak jantung lainnya, seperti merokok dan minum alkohol terlalu banyak.

Hormon stres dapat memberikan beban ekstra pada jantung. Olahraga yang berorientasi pada resistensi atau fleksibilitas dapat membantu tubuh lebih rileks dan mengurangi stres. Kelebihan berat badan 20 persen atau lebih secara signifikan telah dilaporkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama jika Anda memiliki banyak lemak perut.

  • Berolahraga secara teratur

  • Berolahraga secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk jaringan dan organ vital tubuh, tidak terkecuali jantung. Jantung sendiri merupakan salah satu organ vital tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, Anda disarankan untuk berolahraga sesering mungkin dalam seminggu. Semakin sering Anda berolahraga, maka hasil yang didapatkan pun semakin baik.
  • Berhenti merokok

  • Berhenti merokok adalah pilihan bijak. Kita semua tahu bahwa rokok memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan tentunya menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung. Seorang perokok aktif berisiko lebih tinggi mengalami tanda-tanda awal serangan jantung, seperti sesak napas, sakit dada, kelelahan tiba-tiba, serta pembengkakan pada kaki.

Untuk mencegahnya, para perokok sebaiknya mulai menghentikan kebiasan merokok. Dengan mulai menghentikan kebiasaan merokok selama 1 tahun saja sudah cukup mengurangi risiko seorang perokok untuk terkena serangan jantung. Maka itu, mulailah berhenti merokok dari sekarang.

  • Beristirahat dan tidur yang cukup

  • Sekitar sepertiga dari hidup manusia dihabiskan dalam kondisi tidak sadar yang dikenal sebagai tidur. Namun, tidur bukan hanya sakedar berhenti sehari-hari atau beristirahat secara pasif. Tidur sebenarnya merupakan kondisi aktif yang memperbaharui kesehatan mental dan fisik. Tidur yang cukup merupakan kebutuhan mendasar bagi kesejahteraan dan kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian memang menyebut jika seseorang yang kerap kurang tidur setiap malam berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Bisa istirahat dan tidur dengan nyenyak merupakan nikmat yang diinginkan semua orang. Dengan tidur yang nyenyak, maka lelah setelah beraktivitas seharian akan hilang dengan sendirinya dan tubuh akan segar kembali. Seseorang yang pola tidurnya teratur dapat berdampak baik bagi kesehatan jantungnya.(*/Kla)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini