BerandaInternasionalTerima Suap Rp6 M, Wakil Menteri Ukraina Dipecat Terjerat Korupsi

Terima Suap Rp6 M, Wakil Menteri Ukraina Dipecat Terjerat Korupsi

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta  – Wakil Menteri Infrastruktur Ukraina Vasyl Lozinskyi ditahan dan diberhentikan dari jabatannya karena terjerat kasus korupsi dana bantuan sebesar US$400.000 atau setara dengan Rp 6 miliar. Dana bantuan tersebut diperhitungkan untuk membantu kontrak pembelian peralatan dan mesin.

Pemecatan dilakukan terjadi setelah badan antikorupsi Ukraina dan kantor kejaksaan antikorupsi menemukan penggelapan dana anggaran yang dilakukan oleh kelompok kriminal terorganisir.

Setelah berita itu muncul, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersumpah bahwa kasus korupsi tidak akan kembali menguasai Ukraina.

“Saya ingin ini menjadi jelas, kita tidak akan kembali ke masa lalu, ke cara hidup berbagai orang yang menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mengejar kursi (posisi negara) dulu,”  kata Zelenskiy dalam pidato malamnya pada hari Minggu, (22/1/2023).

Ukraina memang sudah sejak lama dijerat korupsi besar-besaran. Sebelum perang melanda, Zelensky memang sedang berupaya menumpas rasuah di negaranya.

Isu korupsi ini menjadi perhatian tersendiri di tengah konflik karena dianggap akan sangat berpengaruh pada proses pemulihan ketika perang usai kelak, terutama jika mereka membutuhkan bantuan asing.

Belakangan, sejumlah pejabat Amerika Serikat juga sudah menyuarakan kekhawatiran senjata yang mereka berikan ke Ukraina bakal menjadi target pencurian untuk dijual kembali. (*/Rhd)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini