Menu

Mode Gelap
Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional Viktor Orban Kunjungi Moskow, UE Tanggapi dengan Boikot TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

Internasional · 30 Jun 2024 21:41 WIB ·

Tangkap 21 Orang dan Kudeta Gagal: Bolivia Menghadapi Gelombang Ketegangan Politik


 Tangkap 21 Orang dan Kudeta Gagal: Bolivia Menghadapi Gelombang Ketegangan Politik Perbesar

Suaraindo.com – Pemerintah Bolivia, di bawah kepemimpinan Menteri Dalam Negeri Eduardo del Castillo, telah melakukan serangkaian penangkapan terkait upaya kudeta yang gagal terhadap Presiden Luis Arce.

Sebanyak 21 orang ditangkap karena diduga terlibat dalam insiden ini, termasuk pengemudi kendaraan militer yang menabrak gerbang Palacio Quemado, istana pemerintahan Bolivia pada Jumat (28/6). Diantara para tahanan adalah Jenderal Marcelo Zegarra, mantan Panglima Angkatan Udara Bolivia, yang disebut sebagai salah satu perwira paling senior yang terlibat dalam upaya kudeta tersebut.

Dikutip dari CNN, Minggu (30/6), Kementerian Dalam Negeri mengonfirmasi bahwa Zegarra, seorang kapten infanteri, dan dua sersan ditangkap berdasarkan perintah dari kejaksaan, sementara penyelidikan masih berlangsung untuk mengungkap jaringan kudeta yang diduga melibatkan tokoh-tokoh politik Bolivia.

Penangkapan ini menunjukkan upaya serius pemerintah Bolivia dalam menanggapi ancaman kestabilan politik yang telah lama menghantui negara ini. Partai penguasa, Movement Towards Socialism (MAS), saat ini terbagi menjadi dua faksi yang bersaing, yakni pendukung Arce dan mantan presiden Evo Morales, memperumit dinamika politik Bolivia.

Kudeta yang berusaha dilakukan oleh sekelompok personel militer di bawah pimpinan Jenderal Juan Jose Zuniga pada Rabu (26/6) sore di Palacio Quemado, La Paz, merupakan insiden yang jarang terjadi dan telah dikecam oleh Presiden Arce sebagai upaya yang tidak sah.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional

16 July 2024 - 11:07 WIB

Viktor Orban Kunjungi Moskow, UE Tanggapi dengan Boikot

16 July 2024 - 10:55 WIB

TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS

14 July 2024 - 12:46 WIB

Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas

14 July 2024 - 10:46 WIB

Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

14 July 2024 - 10:43 WIB

Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

13 July 2024 - 22:49 WIB

Trending di Internasional