BerandaTeknologiTak Terlihat Selama 50 Tahun, Bumi Berwarna Biru Agak Gepeng Terlihat Dari...

Tak Terlihat Selama 50 Tahun, Bumi Berwarna Biru Agak Gepeng Terlihat Dari Luar Angkasa

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Dalam foto yang dirilis NASA, tampak sebagian pesawat Orion serta Bumi di kejauhan. Bumi terlihat berwarna biru dengan corak putih serta agak gepeng.

“Penampakan bola biru di tengah kegelapan luar angkasa sekarang menangkap imajinasi dari generasi baru, generasi Artemis,” kata Sandra Jones selaku juru bicara NASA

Ia menjelaskan pemandangan Bumi yang diambil dari pesawat buatan manusia, tidak terlihat sejak 1972 ketika misi Apollo 50 tahun lalu.

NASA terakhir kali menerbangkan manusia ke Bulan pada misi Apollo 17, Desember 1972. Sejak saat itu, manusia absen di Bulan selama 50 tahun.

Biaya yang sangat besar menjadi alasan tak ada penerbangan manusia ke Bulan setelah misi tersebut. NASA sendiri mengatakan, program Artemis akan menjadi bahan pelajaran untuk menerbangkan manusia ke Mars di masa depan.

Seperti diketahui,  Wahana antariksa Orion dalam misi Artemis 1 masih dalam perjalanan menuju Bulan. Di sela-sela itu, Orion sempat mengirim foto Bumi dari luar angkasa.

Melansir Space.com, Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) meluncurkan roket Space Launch System (SLS) yang membawa pesawat Orion pada Rabu (16/11). Pesawat nirawak itu membawa sejumlah benda seperti manekin, cubesats, dan boneka Snoopy.

Benda-benda itu dibawa dengan tujuan melihat dampak radiasi di Bulan. Misi ini merupakan bagian dari program Artemis yang menargetkan pendaratan manusia di Bulan pada 2025.

Mengutip Universe Magazine, Orion diperkirakan mendarat di Bulan enam hari setelah peluncuran. Orion baru akan kembali lagi ke Bumi pada 1 Desember bulan depan setelah 16 hari berada di Bulan.

Jika Artemis 1 sesuai rencana, NASA akan melanjutkan Artemis II pada 2024. Pada misi kedua, tiga astronaut akan diikutsertakan untuk terbang ke Bulan. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini