Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Teknologi · 5 Apr 2024 10:27 WIB ·

Starlink, Layanan Internet Elon Musk Resmi Masuk Indonesia


 Starlink, Layanan Internet Elon Musk Resmi Masuk Indonesia Perbesar

Suaraindo.com – Starlink, layanan internet milik Elon Musk, telah memperoleh izin untuk memulai operasinya di Indonesia, bekerja sama dengan penyedia jasa interkoneksi internet lokal. Layanan ini dijadwalkan untuk memulai uji coba pertamanya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara setelah periode Lebaran.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa walaupun tanggal pasti uji coba masih dalam pembahasan, Starlink akan segera tersedia untuk konsumen dengan model bisnis B2C (business to consumer). “Yang jelas bisnisnya harus fair, level of playing field-nya harus fair, semua harus ikuti regulasi yang ada,” tutur Menkominfo.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto, memberikan detail bahwa Starlink berencana untuk memulai uji coba layanannya di IKN pasca-Lebaran, dengan mengajukan izin sebagai penyedia VSAT dan penyelenggara internet (ISP). “Jadi mereka ada kemungkinan sudah comply untuk internet. Dia bekerja sama dengan NAP. Mungkin belum selesai PKS-nya [perjanjian kerja sama],” jelas Wayan.

Lebih lanjut, Wayan menegaskan bahwa meskipun Starlink beroperasi di bawah nama yang sama secara global, entitas yang mengelola operasional Starlink di Indonesia akan merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia.

“Jadi beda loh Starlink global dan Indonesia. Mereka global ya Starlink aja, kalau Starlink Indonesia pemegang izin VSAT dan ISP nanti jadi dia seperti penyelenggara di Indonesia lainnya,” ujar Wayan.

Starlink Indonesia akan membeli perangkat dan akses internet dari Starlink global untuk mendukung operasional VSAT dan ISP mereka di Indonesia. “Beli internetnya ke Starlink global, jangan disamakan dengan mereka, makanya harus membangun hub di sini,” kata Wayan.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia

20 May 2024 - 18:01 WIB

Luhut Klaim Starlink Lebih Murah Ketimbang Layanan Internet Lain

17 May 2024 - 23:41 WIB

OpenAI Akan Saingi Google, GPT 5 Search Engine Baru?

13 May 2024 - 14:41 WIB

Sepak Terjang Starlink Elon Musk di Indonesia

13 May 2024 - 14:26 WIB

Warren Buffet, AI “Jin” Keluar dari Botol

10 May 2024 - 14:16 WIB

Kendaraan Canggih Diuji Coba di IKN pada Juli 2024

5 May 2024 - 21:47 WIB

Trending di Teknologi