Menu

Mode Gelap
TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024 Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

Nasional · 28 May 2024 21:25 WIB ·

SDM Underskill vs Harapan Upah Tinggi


 SDM Underskill vs Harapan Upah Tinggi Perbesar

Suaraindo.com – Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) untuk Februari 2024 mengungkapkan perbedaan mencolok dalam gaji buruh antarsektor di Indonesia, dengan rata-rata nasional sebesar Rp3,04 juta. Sektor keuangan dan asuransi menduduki puncak dengan gaji rata-rata tertinggi sebesar Rp 5,15 juta, disusul oleh pertambangan dan pengadaan listrik dan gas. Sementara itu, sektor informasi dan komunikasi, serta real estat, juga menawarkan gaji yang kompetitif.

Namun, sektor seperti administrasi pemerintahan, pengangkutan, dan aktivitas kesehatan, meski menawarkan gaji yang lebih baik dibandingkan sektor pendidikan, konstruksi, dan perdagangan, masih jauh di bawah ekspektasi banyak lulusan. Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, menyoroti diskrepansi antara harapan upah yang diinginkan oleh lulusan dan kenyataan yang ada di lapangan.

“Kami sering melihat fenomena over education under skill, di mana lulusan sarjana memiliki kualifikasi tinggi tapi keterampilan yang tidak memadai, yang kemudian mempengaruhi ekspektasi upah mereka. Banyak lulusan berharap upah yang lebih tinggi karena investasi yang telah dikeluarkan untuk pendidikan, namun sayangnya, nilai upah yang ditawarkan oleh perusahaan seringkali lebih rendah, membuat mereka enggan menerima pekerjaan yang tersedia,” jelas Denni.

Ini menunjukkan pentingnya keselarasan antara pendidikan dan kebutuhan industri agar lulusan dapat memiliki ekspektasi yang realistis tentang peluang kerja dan upah mereka di masa depan.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024

13 July 2024 - 23:25 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Resmikan 2 Kapal Perang Indonesia Buatan Dalam Negeri

12 July 2024 - 19:17 WIB

Indonesia Siap Luncurkan BBM Rendah Sulfur untuk Kurangi Polusi Udara

12 July 2024 - 15:00 WIB

Putus Generasi Sandwich, Ini Program OJK

8 July 2024 - 20:14 WIB

OJK Hadapi Tantangan Identifikasi Rekening Judi Online dengan Transaksi Kecil

8 July 2024 - 20:11 WIB

Smelter Nikel PT KFI di Kalimantan Timur Siap Serap 10 Ribu Tenaga Kerja Lokal

8 July 2024 - 20:08 WIB

Trending di Ekonomi