Menu

Mode Gelap
Pemprov DKI Buka Lowongan 1.700 Guru KKI Bulan Agustus 2024 Telkom Luncurkan Platform IoT Antares untuk Energi Berkelanjutan di Industri Manufaktur Tel Aviv Diserang Drone Houthi, Menewaskan Satu Orang dan Melukai Empat Lainnya Adhi Karya Masuk Indeks PEFINDO i-Grade, Tunjukkan Komitmen dan Kinerja Unggul BRI Jalin Kerjasama Strategis dengan PP Muhammadiyah untuk Layanan Perbankan Terbaik

Internasional · 22 Jun 2024 16:43 WIB ·

Putin Kunjungi Korut, Kapal Induk AS Merapat di Korsel


 Putin Kunjungi Korut, Kapal Induk AS Merapat di Korsel Perbesar

Suaraindo.com – Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt (CVN-71), telah tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan pada hari ini, Sabtu (22/6/2024). Kedatangan kapal ini terjadi beberapa hari setelah pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un, yang berlangsung di Pyongyang pada Selasa (18/6/2024), di mana mereka membahas kerja sama bilateral pertahanan.

Menurut laporan Reuters, kapal induk ini berada di Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam latihan militer gabungan bulan ini bersama Korea Selatan dan Jepang. Latihan ini adalah bagian dari komitmen yang disepakati oleh para pemimpin ketiga negara selama pertemuan puncak Camp David pada Agustus 2023, yang bertujuan untuk merespons perilaku China yang dianggap berbahaya dan agresif di Laut China Selatan.

Sebelumnya, kapal induk AS lainnya, Carl Vinson, telah berkunjung ke Korea Selatan tujuh bulan yang lalu sebagai bagian dari upaya pencegahan terhadap ancaman nuklir dan rudal dari Korea Utara. USS Theodore Roosevelt bersama dengan dua kapal perusak yang dilengkapi sistem Aegis, USS Halsey dan USS Daniel Inouye, kini bergabung dalam operasi militer di pangkalan angkatan laut di Busan, yang terletak 320 kilometer tenggara Seoul.

Dilaporkan oleh Yonhap News Agency, AS, Korea Selatan, dan Jepang telah menyetujui pelaksanaan latihan gabungan ini selama pertemuan tiga arah yang diadakan di sela-sela konferensi keamanan Dialog Shangri-La awal bulan ini. Latihan akan mencakup berbagai domain, termasuk udara, maritim, bawah air, dan dunia maya.

Angkatan Laut AS menyatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menguatkan komitmen pencegahan Amerika dan menunjukkan hubungan yang kuat antara Korea Selatan dan AS. Ini juga merupakan bagian dari usaha bersama untuk merespons secara tegas terhadap ancaman yang terus berkembang dari Korea Utara.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tel Aviv Diserang Drone Houthi, Menewaskan Satu Orang dan Melukai Empat Lainnya

21 July 2024 - 16:58 WIB

Israel Serang Hodeida sebagai Balasan atas Serangan Drone Houthi, Tiga Tewas

21 July 2024 - 16:36 WIB

ICJ Nyatakan Pendudukan Israel di Palestina Ilegal, Israel Tolak Putusan

21 July 2024 - 16:32 WIB

Biden Habiskan Dana Kampanye Lebih Banyak dari Trump, Hadapi Seruan Mundur dari Demokrat

21 July 2024 - 16:29 WIB

Harga Minya Dunia Ambruk, Serangan Israel dan Perekonomian China Masih Jadi Faktor Utama

21 July 2024 - 16:25 WIB

Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional

16 July 2024 - 11:07 WIB

Trending di Internasional