Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru, Ketum Banser Jadi Menag

Suaraindo.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya mengumumkan enam menteri barunya yang akan duduk di kabinet Indonesia Maju. Resufle kabinet itu diumumkan Presiden melalui konfrensi pers secara virtual di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12).

“ Bapak, ibu saudara-saudara pada sore hari yang berbahagia ini bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu saya akan perkenalkan satu per satu ,” kata Presiden Jokowi.

Yang pertama, dikatakan Jokowi adalah Tri Rismaharini yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Kepada Tri Risnaharini akan diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial.

“Menteri kedua, dan saya kira kita semua sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno yang dulunga merupaman Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI dan saat ini belkau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Presiden.

Ditambahkan Presiden Jokowi, nama ketiga yang diperkenalkan adalah Budi Gunadi Sadikin. Sebelumnya beliau merupakan Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama Asahan Aluminium, dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN.“Sekarang, beliau kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” jelas Presiden Jokowi.

Selanjutnya, yang keempat diperkenalkan Presiden Jokowi yaitu Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP Ansor.”Beliau akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama,” katanya lagi.

Selanjutnya diungkapkan Presiden Jokowi, menteri kelima yang diperkenalkan yaitu Sakti Wahyu Trenggono. Beliau saat ini memegang jabatan sebagai Wakil Meteri Pertahanan.”Dan Kita akan beri tanggung jawab sebagai menteri Kelautan dan Perikanan,” ujar Presiden Jokowi.

Terakhir, dikatakan Presiden Jokowi yaitu Muhammad Lutfi yang sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala BKPM, Menteri Perdagangan, Duta Besar RI untuk Jepang, dan terakhir sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

“Sekarang beliau kita berika tugas memimpin Kementerian Perdagangan. Saya rasa itu perkenalm yang bisa saya sampaikan saat ini dan pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah besok pagi,” pungkas Presiden Jokowi.

Nama-nama Menteri baru Kabinet Indonesia Maju:

  1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
  2. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
    3 . Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
  3. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
  4. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
  5. M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan. (br)

Tentang Yusran Maulana

Harap cek kembali

Wakaf tanah diterima Ketua PCNU Limapuluh Kota Syahrul Isman dan Ketua PWNU Sumbar Prof. Ganefri dan disaksikan oleh Wakil Sekjen PBNU Sultonul Huda, M.Si yang jugaKetua MKNU PBNU, Rais Syuriah PWNU Hendri, Sekretaris PWNU Sumbar Suleman Tanjung dan peserta Mukerwil PWNU Sumbar.

Pulih Dari Sakit, Putri Ratna Julita Wakafkan Tanah Seluas 5.000 m2

Suaraindo.com, Padang – Keluarga Putri Ratna Julita wakafkan tanah seluas 5.000 m2 kepada Pengurus Cabang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *