BerandaInternasionalPemilu Guinea Khatulistiwa: Presiden Obiang Kembali Berkuasa Diusia 80 Tahun

Pemilu Guinea Khatulistiwa: Presiden Obiang Kembali Berkuasa Diusia 80 Tahun

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Warga Guinea Khatulistiwa hari Minggu (20/11) mendatangi TPS-TPS untuk memberikan suara. Namun tanpa kehadiran oposisi yang kuat, petahana Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo hampir dapat dipastikan akan kembali memenangkan pemilu.

Obiang diprediksi bisa jadi presiden terlama di dunia, dengan kembali berkuasa untuk masa jabatan keenam di negara yang terletak di Afrika Barat itu.

Obiang, yang berusia 80 tahun, telah berkuasa selama lebih dari 43 tahun, masa jabatan terlama dari seorang kepala negara mana pun yang masih hidup saat ini, kecuali raja.

Kans terpilihnya Obiang jadi presiden terlama di dunia dinilai tak mengejutkan bagi sejumlah pengamat. Sebab, pria 80 tahun itu selalu terpilih dengan lebih dari 90 persen perolehan suara di berbagai jajak pendapat.

Perolehan suara Obiang itu sebetulnya banyak dipertanyakan oleh pengamat internasional. Sebab Obiang dinilai terlalu lama memimpin hingga membuat kebebasan politik negara itu sangat minim.

Dalam pemilu kali ini, Obiang bersaing melawan dua kandidat oposisi yakni Buenaventura Monsuy Asumu yang mencalonkan diri untuk keenam kalinya melawan Obiang dan Andrés Esono Ondo yang perdana mencalonkan diri.

Para kritikus menyebut Obiang selama ini kerap memamerkan gaya hidup mewah yang bertentangan dengan masyarakat yang hidup di tengah kemiskinan.

Padahal, Penemuan minyak di lepas pantai negara itu menjadikan Guinea Khatulistiwa sebagai negara terkaya ketiga di benua Afrika, dalam arti tingkat pendapatan per kapita. Tetapi kekayaan itu tidak didistribusikan secara merata.

Menurut laporan Bank Dunia tahun 2006 – laporan terakhir yang tersedia – empat dari lima warga Guinea Khatulistiwa hidup di bawah garis kemiskinan. Total penduduk di negara itu adalah 1,4 juta jiwa. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini