Menu

Mode Gelap
Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional Viktor Orban Kunjungi Moskow, UE Tanggapi dengan Boikot TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

Nasional · 18 Jun 2024 22:19 WIB ·

Partai Demokrat Pastikan Kabinet Jokowi Solid Jelang Transisi Pemerintahan


 Partai Demokrat Pastikan Kabinet Jokowi Solid Jelang Transisi Pemerintahan Perbesar

Suaraindo.com – Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron memastikan kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin hingga saat ini masih solid. Menurut Herman, tidak ada pertentangan substansial kebijakan antara para menteri kabinet.

“Apakah kabinet ini solid? Tentu solid. Kita dapat melihat bahwa bagaimana tidak ada pertentangan yang substansial antara para menteri,” ujar Herman.

Herman mengakui adanya perbedaan pendapat beberapa menteri dalam merespons suatu isu atau kasus. Menurut dia, perbedaan tersebut lebih pada perbedaan pendapat pribadi, bukan kebijakan yang sudah dibahas dan disepakati bersama.

“Pertentangan antara pendapat pribadi, saya pikir itu biasa saja terjadi dalam sebuah wawancara atau pertanyaan-pertanyaan spontan. Itu biasanya pendapat pribadi bisa berbeda. Kalau melihat kebijakan-kebijakan yang dijalankan, saya melihat tidak ada kebijakan yang berbeda dari apa yang menjadi tujuan (bersama),” tutur Herman.

Apalagi, kata Herman, sistem ketatanegaraan Indonesia tidak membuka peluang adanya perbedaan kebijakan antara presiden dengan menteri atau antara menteri yang satu dengan yang lain. Alasannya, kebijakan tersebut harus dibahas terlebih dahulu di kabinet dan di DPR sebelum akhirnya dieksekusi.

“Sistem ketatanegaraan kita, memungkinkan tidak berbeda. Pertama, seluruh program dan anggaran juga disetujui di DPR, dibahas oleh fraksi-fraksi di DPR. Kedua, program dan anggaran disetujui, kemudian program tersebut dijalankan. Artinya, kalau melihat dari sistem ketatanegaraan kita, tidak memungkinkan adanya perbedaan,” terang dia.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024

13 July 2024 - 23:25 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Resmikan 2 Kapal Perang Indonesia Buatan Dalam Negeri

12 July 2024 - 19:17 WIB

Indonesia Siap Luncurkan BBM Rendah Sulfur untuk Kurangi Polusi Udara

12 July 2024 - 15:00 WIB

Putus Generasi Sandwich, Ini Program OJK

8 July 2024 - 20:14 WIB

OJK Hadapi Tantangan Identifikasi Rekening Judi Online dengan Transaksi Kecil

8 July 2024 - 20:11 WIB

Smelter Nikel PT KFI di Kalimantan Timur Siap Serap 10 Ribu Tenaga Kerja Lokal

8 July 2024 - 20:08 WIB

Trending di Ekonomi