Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Olahraga · 25 Mar 2024 21:34 WIB ·

Olahraga dan Pariwisata Diusulkan Jadi Satu Kementerian


 Olahraga dan Pariwisata Diusulkan Jadi Satu Kementerian Perbesar

Suaraindo.com – Direktur Rumah Karya Indonesia, Ojax Manalu, mengusulkan agar bidang pariwisata dan olahraga digabung menjadi satu kementerian.

Menurut Ojax, penggabungan bidang pariwisata dengan olahraga dalam satu lembaga bukan hal yang asing di Indonesia. Di beberapa provinsi dan kabupaten/kota, sudah ada dinas yang membidangi olahraga dan pariwisata.

Data yang dihimpun oleh Rumah Karya Indonesia, komunitas yang konsen di bidang Pariwisata Sumatera Utara (Sumut), menyampaikan bahwa terdapat enam provinsi yang menggabungkan dinas olahraga dan pariwisata. Provinsi tersebut adalah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Sementara itu, di tingkat Kabupaten/Kota, terdapat 218 dinas yang menggabungkan antara pariwisata dengan olahraga.

“Dalam dunia pariwisata memiliki beberapa bentuk kegiatan. Kegiatan yang paling mempunyai hubungan antara kegiatan dan kehadiran wisatawan salah satunya Sport Tourism,” kata Ojax, Kamis (21/3/2024).

Masyarakat bisa berbondong-bondong mendatangi suatu tempat yang sedang terjadi pegelaran olahraga. Mereka bisa disebut wisatawan yang melancong ke suatu wilayah karena ada acara olahraga.

“Sport tourism karena sifat terkadang lomba menjadi memiliki effort untuk menyaksikan langsung atau mendukung langsung di luar daripada bisa saja beberapa kegiatan lomba bisa menjadi bagian peserta. Dan saya memandang penggabungan Bidang Pariwisata dan Olahraga dalam sebuah Kementerian memiliki efek atau kinerja yang sangat baik,” katanya.

Ojax melihat kondisi yang efektif dan efisien jika pariwisata dan olahraga dalam satu lembaga. Sangat baik jika di tingkat kementerian, ada kementerian yang membidangi pariwisata dan olahraga.

“Penggabungan bidang pariwisata dan olahraga dalam tawaran nomenklatur baru sangat memungkinkan melihat di tingkat kabupaten dua bidang itu ada dalam sebuah Dinas. Contohnya beberapa kabupaten di Sumatera Utara, bidang pariwisata dan olahraga itu ada dalam satu dinas,” katanya.

Ojax menyampaikan beberapa event olahraga yang bisa memancing wisatawan dari luar dan dalam negeri. Pegelaran olahraga tersebut sangat berkaitan dengan pariwisata dan olahraga.

“Dinamika sport tourism di Indonesia seperti Mandalika, Aquabike, FIH2O, Tour de Singkarak, Borobudur Marathon, World Surft League bisa menjadi bagian yang saling bekerja erat atau berhubungan langsung antara pariwisata dan olahrga,” katanya.

“Kalau bidang pariwisata dan olahraga menjadi satu bagian dalam sebuah kementerian, saya melihat posisi bidang ekonomi kreatif punya hubungan sebagai out dari proses bidang kebudayaan. Bagian ekonomi kreatif sebagai bagian dari pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cristiano Ronaldo tidak Jagokan Arsenal sebagai Juara Premier League Musim ini

19 May 2024 - 21:39 WIB

Arsenal Gladi Resik Angkat Trofi Juara Premier League Musim ini

19 May 2024 - 21:38 WIB

Pameran Olahraga Ekstrem dan Selam Perluas Industri Wisata di Indonesia

17 May 2024 - 23:55 WIB

Duel London Utara menjadi Penentu Arsenal Juara Liga Inggris Musim Ini

28 April 2024 - 22:03 WIB

Jelang Champions League Jamu Arsenal, Bayern Munich Krisis Pemain

14 April 2024 - 22:32 WIB

Pevoli Putri Indonesia tidak masuk dalam Daftar Pemain yang akan melakukan Seleksi di Liga Voli Korea 2024/2025

14 April 2024 - 22:23 WIB

Trending di Olahraga