Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Internasional · 24 Mar 2024 04:32 WIB ·

Moskow Diserang Teroris, AS : Kami Sudah Peringatkan Rusia


 Moskow Diserang Teroris, AS : Kami Sudah Peringatkan Rusia Perbesar

Suaraindo.com – Di awal bulan Maret, pemerintah Amerika Serikat telah memberikan peringatan kepada Rusia mengenai potensi ancaman teroris yang ditujukan ke acara besar di Moskow. Adrienne Watson, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, mengungkapkan hal ini tidak lama setelah sebuah serangan oleh kelompok bersenjata di sebuah gedung konser di pinggiran Moskow pada Jumat (22/03/2024), yang menyebabkan kematian lebih dari 60 orang.

“Pada awal bulan ini, pemerintah AS mendapat informasi mengenai rencana serangan teroris di Moskow, yang bisa menyasar acara besar, termasuk konser. Kami telah membagikan informasi tersebut dengan otoritas Rusia,” ujar Watson dalam laporan dari kantor berita AFP, yang dirilis Sabtu (23/03/2024).

Dia menambahkan bahwa pemerintahan Biden tetap berkomitmen pada kebijakan lama tentang “kewajiban untuk memperingatkan”, yaitu upaya AS dalam memberitahukan negara atau kelompok lain ketika ada informasi intelijen tentang ancaman spesifik yang dapat menyebabkan penculikan atau pembunuhan massal.

Komite Investigasi Rusia menyebutkan bahwa serangan, yang diakui oleh ISIS, mengakibatkan lebih dari 60 orang meninggal pada Sabtu, 23 Maret. Sebelumnya, jumlah korban yang dilaporkan meninggal adalah 40 orang.

Mikhail Murashko, Menteri Kesehatan Rusia, menyatakan bahwa 115 orang dirawat di rumah sakit, dengan lima di antaranya adalah anak-anak, dan satu di antara mereka dalam kondisi kritis. Dari 110 pasien dewasa, 60 di antaranya dalam kondisi serius.

Otoritas Rusia telah memulai penyelidikan atas insiden yang dianggap sebagai aksi terorisme ini.

Menurut laporan dari wartawan kantor berita Rusia, RIA Novosti, yang berada di lokasi, para penyerang yang mengenakan pakaian kamuflase memasuki gedung, menembakkan senjata dan melemparkan granat atau bom molotov.

Gedung konser Crocus City di Krasnogorsk, utara Moskow, dengan cepat dilalap api, mengakibatkan asap memenuhi area tersebut dan menyebabkan panik di antara pengunjung yang mencoba melarikan diri ke pintu darurat.

Seperti dilaporkan BBC pada tanggal yang sama, serangan tersebut terjadi saat lebih dari 6.000 penggemar Rusia berkumpul di gedung untuk menyaksikan konser dari grup rock Picnic.

Seorang saksi mata menyatakan bahwa penyerangan berlangsung beberapa menit sebelum band dijadwalkan tampil. Anggota Picnic, berdasarkan laporan, tidak mengalami cedera.
(BNI)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit

20 May 2024 - 17:58 WIB

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter dan Kemungkinan Penggantinya

20 May 2024 - 12:57 WIB

Heli Jatuh di Iran, Berisi Ebrahim Raisi dan 3 Pejabat Lain

20 May 2024 - 10:19 WIB

Chang’e-6, Misi Ambisius China Menuju Eksplorasi Ruang Angkasa

13 May 2024 - 14:27 WIB

Keputusan Tak Terduga Vladamir Putin, Ekonom Sipil diangkat menjadi Menteri Pertahanan

13 May 2024 - 14:24 WIB

Skandal Seks Trump dengan Bintang Panas Makin Panas

10 May 2024 - 15:52 WIB

Trending di Internasional