Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Nasional · 8 May 2024 15:22 WIB ·

Menuju Net Zero Emission, Gas Bumi Alternatif Batu Bara


 Menuju Net Zero Emission, Gas Bumi Alternatif Batu Bara Perbesar

Suaraindo.com – Dewan Energi Nasional (DEN) telah mengidentifikasi gas bumi sebagai sumber energi transisi penting yang berpotensi menggantikan batu bara dalam upaya Indonesia mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat. Indonesia bertujuan mengurangi penggunaan energi yang meninggalkan jejak karbon tinggi seperti batu bara dan minyak dengan beralih ke energi baru terbarukan (EBT).

Menurut Sekretaris Jenderal DEN, Djoko Siswanto, gas bumi memiliki keunggulan dalam mengurangi emisi karbon dibandingkan sumber energi konvensional. “Gas ini adalah energi yang paling bagus, the best untuk transisi sebelum kita menuju ke EBT. Kenapa? Karena gas adalah emisi yang paling rendah bahkan cuma 50% dibanding batu bara, juga dibanding minyak gitu,” kata Djoko dalam wawancara dengan CNBC Indonesia dalam acara Energy Corner yang ditayangkan pada Rabu (8/5/2024).

Djoko menambahkan bahwa penggunaan gas bumi sebagai energi transisi telah ditekankan dalam regulasi nasional dan pemerintah aktif mendorong pemanfaatannya sesuai dengan Undang-undang Minyak dan Gas Bumi. “Jadi pemerintah sangat mendorong dan Alhamdulillah dari tahun ke tahun pemanfaatan gas bumi dalam negeri ini sesuai dengan Undang-Undang Migas juga, Pasal 3 huruf F gitu ya mengatakan bahwa pemerintah memprioritaskan gas bumi untuk kepentingan dalam negeri, sesuai dengan transisi energi kan juga,” jelasnya.

Penggunaan gas bumi di dalam negeri telah mencapai tingkat yang signifikan, hampir 70%, menurut Djoko. Pemerintah juga telah menginvestasikan sumber daya yang besar untuk membangun infrastruktur gas, yang bertujuan untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

“Alhamdulillah angkanya sekarang sudah hampir mencapai kalau kita bulatkan 70% untuk dalam negeri gitu. Jadi ini sudah kita berupaya pemerintah terutama gitu ya berkorban, PNBP-nya berkurang, bahkan keluarin APBN untuk infrastruktur dan sebagainya,” ungkap Djoko.

Melalui upaya ini, Djoko berharap bahwa pemanfaatan energi gas bumi akan membantu Indonesia membuat kemajuan signifikan dalam transisi energi nasional. “Ini diharapkan bisnis ini bisa berjalan dengan baik, supaya transisi energinya juga berjalan dengan baik, emisi berkurang, tapi semuanya juga dijamin mendapatkan keuntungan gitu,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino

20 May 2024 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum

20 May 2024 - 17:56 WIB

Masyarakat Penerima Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan Meningkat

20 May 2024 - 17:41 WIB

Sambutan Presiden Jokowi Saat Membuka WWF Bali

20 May 2024 - 15:54 WIB

Ingin Tahu Banyak Tentang Air, Elon Musk Mantap Hadiri WWF di Bali

20 May 2024 - 10:17 WIB

Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

17 May 2024 - 23:50 WIB

Trending di Nasional