Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Ekonomi · 10 Mar 2024 02:55 WIB ·

Menteri LHK Dorong Ekonomi Sirkular Tangani Sampah Belum Terkelola


 Menteri LHK Dorong Ekonomi Sirkular Tangani Sampah Belum Terkelola Perbesar

Suaraindo.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong penerapan ekonomi sirkular untuk mengatasi sekitar 36,32 persen sampah di Indonesia yang belum terkelola dengan baik.

Dalam acara Aksi Bersih Negeri di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ia menjelaskan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) memperlihatkan kinerja pengelolaan sampah nasional pada 2022 yaitu 63,68 persen, terdiri atas pengurangan 14,26 persen dan penanganan 49,42 persen.

Sisa 36,32 persen sampah yang belum terkelola dengan baik, katanya, harus ditangani tidak dapat menggunakan pendekatan linear, yaitu membuat, mengonsumsi, dan membuang.

“Pola ini harus ditinggalkan dengan prinsip ekonomi sirkular yaitu regenerate sistem alamnya, desain dalam pengelolaan sampahnya dan kita ambil produk dan materialnya yang bisa dipakai dengan strategi pengurangan, kemudian menggunakan ulang dan sirkulasi,” katanya.

Untuk itu, katanya, perlu dilakukan pengurangan barang sekali pakai serta mendesain ulang menjadi kemasan yang memiliki ketahanan.

Selain itu, katanya, perlu dilakukan pola produksi yang dapat diguna ulang, didaur ulang, mudah diperbaiki, diisi ulang, serta dikomposkan.

Ia menjelaskan bahwa langkah itu perlu dilakukan mengingat penggunaan bahan baku sampah plastik dan kertas dalam negeri untuk industri daur ulang masih rendah, yaitu sekitar 40-50 persen dari kebutuhan industri daur ulang dalam negeri.

Oleh karena itu, dia mendorong pemanfaatan bank sampah yang saat ini jumlahnya mencapai sekitar 16 ribu di seluruh Indonesia untuk meningkatkan penggunaan bahan baku daur ulang dalam negeri.

“Kiranya (bank sampah) bisa menjadi fasilitas yang menyiapkan sampah daur ulang,” kata Siti.

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

20 May 2024 - 17:43 WIB

Jokowi : Gabung OECD Buka Akses Investasi Bagi Indonesia

14 May 2024 - 21:58 WIB

Malaysia-Singapura Usik Pengembangan Industri Semikonduktor RI

12 May 2024 - 22:37 WIB

Harga Emas Melesat Tajam, Dominasi Sosial Geopolitik Global

12 May 2024 - 22:34 WIB

Sejumlah Upaya yang Bisa Dilakukan Fintech untuk Mitigasi Risiko Fraud

20 April 2024 - 23:45 WIB

Manfaatkan Fleksibilitas Harga Gabah dan Beras, Bulog Tingkatkan Penyerapan Produksi Dalam Negeri

6 April 2024 - 23:38 WIB

Trending di Ekonomi