BerandaOlahragaMarc Marquez : Motor MotoGP Dulu dan Kini Berbeda

Marc Marquez : Motor MotoGP Dulu dan Kini Berbeda

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Meski belum mencapai usia 30 tahun, namun Marc Marquez terhitung sebagai rider veteran. Sebab, dia sudah mulai membalap di kelas teratas MotoGP sejak 2013 silam.

Dia merupakan raja di MotoGP hingga mengganggu dominasi Valentino Rossi di masa lalu. Namun, kini The Baby Alien – julukan Marc Marquez – sudah jarang bersaing di depan.

Marc Marquez mengungkapkan perbedaan motor MotoGP dulu dan kini. Sang pembalap Repsol Honda menggarisbawahi teknologi motor zaman dulu yang semuanya harus manual.

Menurutnya, teknologi pada motor MotoGp kini mulai berkembang pesat. Terutama dengan teknologi pengubah tinggi serta perangkat aerodinamika yang menghiasi fairing motor.

Marquez pun menyebut bahwa sekarang MotoGP sudah berubah. Hal itu terasa ketika dirinya harus menemukan torsi maksimal yang ada sebelumnya hanya dapat diraih menggunakan gigi teratas transmisi.

“Sebelumnya, semua bekerja secara manual. Dahulu, pembalap hanya harus mengganti transmisi ke gigi keempat, kelima dan keenam untuk melaju,” kata Marquez dikutip Crash, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, Marquez mengungkap bahwa torsi puncak motor sudah bisa dirasajak sejak gigi ketiga. Hal ini dimungkinkan oleh berbagai perangkat modern yang kini menempel di motor MotoGP.

“Sekarang, dengan perangkat pengubah tinggi dan aerodinamika, torsi motor bisa dimaksimalkan di gigi ketiga. Hal itu bahkan bisa dilakukan dengan gigi kedua di beberapa lintasan tertentu,” ujarnya.

“Sebelumnya, kami harus bermain dengan posisi tubuh serta rem belakang untuk mengendalikan motor. Semua berjalan manual. Sekarang, motor terasa seperti Moto3 dan cukup melaju,” ujar Marquez. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini