BerandaOtomotifKF-21 Boramae Buatan Indonesia Dijadwalkan Mengudara 2022

KF-21 Boramae Buatan Indonesia Dijadwalkan Mengudara 2022

- Advertisement -spot_img

Suaraindo.com, Jakarta -Indonesia bersama Korea Selatan tengah mengembangkan jet tempur KF-21 Boramae. Pengembangan jet tempur KF-21 Boramae ini membuktikan jika insinyur Indonesia memiliki kemampuan yang sangat mumpuni.

Tak mau kalah dari berbagai negara maju lainnya, Indonesia terus meningkatkan kemampuan teknologi terutama dibidang kedirgantaraan. Kehadiran jet tempur KF-21 Boramae juga jadi bukti nyata jika kekuatan pertahanan Indonesia tak bisa dianggap sebelah mata.

Tinggal menghitung hari, pesawat tempur generasi 4,5 KF-21 Boramae bakal dipamerkan ke dunia pada tahun depan. Pesawat tempur hasil proyek antara Korea Selatan dan Indonesia itu akan melakukan penerbangan perdana di tahun 2022.

Sebelumnya, KF-21 Boramae telah berhasil rollout pada April 2021 lalu. Sedangkan pada tahun 2026, produksi massal pesawat tempur KF-21 Boramae diharapkan dapat dimulai.

Sebagai jet tempur generasi empat setengah, tentunya kemampuan dan teknologi yang ada pada KF-21 Boramae sangat canggih. Bahkan dilansir dari Defence Security Asia mengatakan jika KF-21 Boramae layaknya kembaran bagi F-35.

Sehingga julukan jet tempur F-35 versi Asia melekat pada pesawat tempur KF-21 Boramae.
KF-21 Boramae merupakan pesawat bermesin dua yang dapat mencapai kecepatan maksimum 2.200 km per jam dan jarak operasi 2.900 km serta dilengkapi radar (active electronically scaned array (AESA).

Dengan dua mesin, pesawat tempur ini mampu membawa berbagai sistem senjata termasuk rudal dan bom seberat 7,7 ton, cukup untuk melakukan berbagai misi dari serangan udara-ke-udara, udara-ke-darat atau maritim. Meski dikembangkan sebagai pesawat tempur generasi 4,5, namun para insinyur di KAI merancang pesawat tersebut agar mudah diupgrade dengan berbagai sistem terbaru dan mencapai level pesawat tempur generasi ke-5.

Meski KF-21 Boramae disebut kembaran bagi jet tempur F-35 namun tentunya kemampuan keduanya berbeda. Perbedaan mencolok antara KF-21 Boramae dengan jet tempur F-35 yakni berkaitan dengan kemampuan siluman.

Jika jet tempur F-35 memiliki kemampuan siluman, sedangkan KF-21 Boramae tak memilikinya. Meski demikian, The Drive pernah menyebut jika KF-21 Boramae secara bertahap akan disematkan teknologi yang mirip dengan siluman.

Sehingga tak heran jika nantinya kehadiran KF-21 Boramae akan menjadi jet tempur tulang punggung bagi pertahanan udara Indonesia. Penampilan perdana dari prototipe KF-21 Boramae, dilansir dari Yonhap ditunjukkan sekitar April 2021 ini.

Dengan adanya penampilan dari KF-21 Boramae menunjukkan jika pengembangan jet tempur ini mengalami kemajuan pesat. Dikutip dari laporan yang dibagikan oleh aerosociety.com, menyebut jika KF-21 Boramae dijadwalkan untuk lakukan uji terbang perdana tahun depan alias tahun 2022. (tp)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here