Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Nasional · 14 Apr 2024 22:30 WIB ·

Ketua MPR Sepakat Dengan TNI Ubah Sebutan KKB Kembali Jadi OPM


 Ketua MPR Sepakat Dengan TNI Ubah Sebutan KKB Kembali Jadi OPM Perbesar

Suaraindo.com – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau yang lebih dikenal sebagai Bamsoet, telah menyatakan dukungannya terhadap keputusan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang kembali menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk menggantikan penamaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok separatis teroris (KST). Keputusan ini dicantumkan dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor STR/41/2024 yang dikeluarkan pada tanggal 5 April 2024, mengingat kelompok bersenjata di Papua tersebut menamakan diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), yang sejalan dengan sebutan OPM.

Bamsoet, yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, menekankan bahwa prioritas utama adalah keselamatan bangsa dan menjaga kedaulatan negara. Ia menyatakan kesediaannya untuk “pasang badan” dalam menghadapi potensi kritik terkait isu hak asasi manusia (HAM) yang mungkin muncul akibat tindakan penegakan hukum oleh TNI dan Polri.

“Urusan HAM kita bicarakan kemudian. Jika mereka sudah berhasil kita tumpas, siap pasang badan jika ada pihak yang mempersoalkan HAM atas kewajiban TNI/Polri dalam melaksanakan penegakan hukum dan melaksanakan perintah konstitusi, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh wilayah tumpah darah Indonesia,” ujar Bamsoet dalam pernyataannya pada hari Sabtu, 13 April 2024.

Bamsoet juga menambahkan bahwa penggunaan istilah OPM merupakan hal yang tepat mengingat istilah tersebut telah lama digunakan untuk menyebut gerakan pro-kemerdekaan Papua sejak tahun 1963.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino

20 May 2024 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum

20 May 2024 - 17:56 WIB

Masyarakat Penerima Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan Meningkat

20 May 2024 - 17:41 WIB

Sambutan Presiden Jokowi Saat Membuka WWF Bali

20 May 2024 - 15:54 WIB

Ingin Tahu Banyak Tentang Air, Elon Musk Mantap Hadiri WWF di Bali

20 May 2024 - 10:17 WIB

Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

17 May 2024 - 23:50 WIB

Trending di Nasional