Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Kesehatan · 5 Mar 2024 07:18 WIB ·

Kaya Akan Vitamin, Berikut 8 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan


 Kaya Akan Vitamin, Berikut 8 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Perbesar

Suaraindo.com – Buah Manggis, yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana, merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Buah Manggis ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya yang melimpah.

Tidak hanya enak dan menyegarkan, buah Manggis juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam buah Manggis, terdadapat kandungan terdapat kalori, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), mangan, tembaga, dan magnesium.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda dapatkan dari mengonsumsi buah Manggis:

1. Antioksidan Kuat: Buah Manggis mengandung senyawa antioksidan tinggi, terutama xanthone. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh: Kandungan vitamin C dalam buah Manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Manggis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mendukung Kesehatan Pencernaan: Buah Manggis mengandung serat diet yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

5. Anti-inflamasi: Senyawa-senyawa dalam buah Manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu meredakan gejala seperti nyeri sendi dan radang usus.

6. Menjaga Kesehatan Kulit: Ekstrak Manggis sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena khasiatnya yang menghidrasi dan memperbaiki kerusakan sel kulit. Antioksidan dalam buah Manggis juga dapat membantu melawan penuaan dini.

7. Menurunkan Risiko Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam buah Manggis, terutama xanthone, memiliki potensi anti-kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

8. Menjaga Kesehatan Mental: Kandungan antioksidan dalam buah Manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan melindungi dari kerusakan sel saraf, sehingga berpotensi melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Dengan segudang manfaat kesehatan yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika buah Manggis telah menjadi bahan yang sangat dicari dalam pengobatan tradisional maupun sebagai tambahan dalam pola makan sehari-hari.

Namun, seperti halnya dengan makanan atau suplemen lainnya, disarankan untuk mengonsumsi buah Manggis dalam jumlah yang moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan Anda.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

COVID-19 Kembali Kepung Singapura, Komisi IX DPR : Vaksinasi & Surveillance

20 May 2024 - 15:52 WIB

Bukan Dihapus, Kelas 3 BPJS “Naik Kelas”

14 May 2024 - 22:00 WIB

AstraZeneca akui vaksinnya dapat sebabkan pembekuan darah

3 May 2024 - 22:31 WIB

Kementerian PANRB setujui formasi 23.200 ASN Kementerian Kesehatan

2 April 2024 - 13:56 WIB

BPJS Kesehatan Bentuk Posko RAFI, Pastikan Layanan JKN Lancar Saat Lebaran

31 March 2024 - 08:45 WIB

Dokter Sarankan Vaksin Booster COVID-19 Sebulan Sebelum Mudik

10 March 2024 - 03:16 WIB

Trending di Kesehatan