Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Internasional · 11 Apr 2024 00:12 WIB ·

Kapan Idul Fitri di Arab Saudi?


 Kapan Idul Fitri di Arab Saudi? Perbesar

Suaraindo.com – Arab Saudi telah mengumumkan bahwa hari raya Idulfitri akan jatuh pada hari Rabu (10/4/2024). Keputusan ini didasarkan pada pengamatan bulan sabit muda (hilal) yang belum terlihat hingga Senin malam waktu setempat.

Menurut laporan dari Arab News, Salat Idul Fitri akan diselenggarakan di seluruh Kerajaan tak lama setelah fajar, dengan pengaturan menyeluruh untuk memfasilitasi jamaah salat Idulfitri tahunan.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi, Syekh Abdullatif Al-Asheikh, baru-baru ini mengeluarkan petunjuk untuk menjalankan salat Idul Fitri 15 menit setelah fajar, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura.

Dalam surat edarannya, ia menekankan bahwa salat Idulfitri harus dilakukan di tempat terbuka yang telah ditentukan dan di semua masjid.

Al-Asheikh juga menyoroti pentingnya persiapan awal untuk menjalankan salat Idulfitri di tempat ibadah yang telah ditentukan, memastikan semua fasilitas yang diperlukan, termasuk pemeliharaan, kebersihan, dan operasional, tersedia agar jamaah dapat beribadah dengan lancar dan nyaman.

Sebelumnya, pada hari Minggu, Mahkamah Agung Arab Saudi meminta umat Islam di seluruh Kerajaan untuk mencari bulan sabit Syawal pada Senin malam 29 Ramadhan yang jatuh pada tanggal 8 April.

Dalam pengumumannya, pengadilan menyerukan kepada siapa pun yang melihat bulan sabit Syawal dengan mata telanjang atau melalui teleskop untuk melaporkannya ke pengadilan terdekat dan mencatat kesaksian mereka.

Sebagaimana diketahui, Ramadan dimulai di Arab Saudi dan sebagian besar negara-negara Arab lainnya pada tanggal 11 Maret.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit

20 May 2024 - 17:58 WIB

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter dan Kemungkinan Penggantinya

20 May 2024 - 12:57 WIB

Heli Jatuh di Iran, Berisi Ebrahim Raisi dan 3 Pejabat Lain

20 May 2024 - 10:19 WIB

Chang’e-6, Misi Ambisius China Menuju Eksplorasi Ruang Angkasa

13 May 2024 - 14:27 WIB

Keputusan Tak Terduga Vladamir Putin, Ekonom Sipil diangkat menjadi Menteri Pertahanan

13 May 2024 - 14:24 WIB

Skandal Seks Trump dengan Bintang Panas Makin Panas

10 May 2024 - 15:52 WIB

Trending di Internasional