Ilustrasi para peserta calon anggota Polri mengikuti tes jasmani.

Kabar Gembira, Polri Buka Penerimaan Perwira Sumber Sarjana

Suara Indo, Padang – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada tahun 2021 ini memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menjadi anggota Polri. Kali ini, penerimaan anggota Polri melalui jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto membenarkan bahwa telah dibukanya penerimaan anggota Polri dari sumber sarjana. Jika nantinya dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan SIPSS, akan langsung menjadi perwira Polisi.

“Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Polri dari dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda) melalui Pendidikan pembentukan SIPSS. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7-24 Januari 2021,” kata Kombes Pol Satake Bayu, Kamis (7/1) di Mapolda Sumbar.

Dijelaskan Kombes Pol Satake Bayu, pendidikan pembentukan SIPSS merupakan pendidikan bagi lulusan sarjana yang dibutuhkan dalam profesi Kepolisian untuk dibentuk menjadi perwira pertama Polri yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan, sikap dan terpuji dalam rangka melaksanakan tugas kepolisian sesuai dengan keahliannya dibidang keilmuannya guna mendukung tugas kepolisian.

Baca Juga : 9000 Lebih Positif, Pecah Rekor Pasien Terinveksi Covid-19

“Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polda sebagai panitia daerah (Panda), dan seleksi tingkat pusat oleh Mabes Polri sebagai Panitia Pusat. Syaratnya untuk mendaftar, pendidikan terakhir, minimal lulusan sarjana S-1 dan D-IV (sarjana terapan) berbagai latar belakang jurusan diterima dalam pendaftaran ini,” ungkap Kombes Pol Satake Bayu.

Kombes Pol Satake Bayu menuturkan, para peserta yang mendaftar ini nantinya akan mengikuti beberapa seleksi (tes) meliputi pemeriksaan administrasi awal, uji tes kompetensi keahlian aspek pengetahuan, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi, pemeriksaan kesehatan tahap II, penelusuran mental dan keperibadian, dan pemeriksaan administrasi akhir.

Dalam Pengumuman Nomor: Peng / 1 / I / DIK/2/1//2021 tentang penerimaan siswa sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS) untuk tahun anggaran 2021 disebutkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi para pendaftar.

Bagi lulusan PTN atau PTS dengan program studi terakreditasi A dan B, misalnya, wajib memiliki nilai IPK minimal 2,75 dan harus wajib melampirkan tanda lulus atau ijazah yang dilegalisir oleh Pudek bidang akademik. Sementara lulusan perguruan tinggi di luar negeri wajib melampirkan surat keputusan penyertaan yang dikeluarkan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Selain wajib melampirkan tanda lulus, ada syarat umur yang ditetapkan berkisar 26 hingga 28 tahun tergantung pada jurusan yang dituju. Sementara tinggi badan minimal untuk pria dan wanita ditetapkan masing-masing 158 cm dan 155 cm.

Para pendaftar juga disyaratkan belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, serta belum pernah hamil atau melahirkan. Pendaftar juga harus sanggup tidak menikah selama pendidikan.

Namun khusus untuk S2 Profesi dan S1/S3 yang memiliki kompetensi penerbang diperbolehkan sudah menikah. Khusus bagi wanita belum memiliki anak dan sanggup tidak hamil selama pendidikan. Para pendaftar juga bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun, terhitung mulai saat diangkat jadi Perwira Polri.

“Informasi lebih lengkap, masyarakat juga dapat mengaksesnya melalui website https://penerimaan.polri.go.id/. Dan perlu diingat, penerimaan Polri ini gratis serta tidak dipungut biaya,” pungkas Kombes Pol Satake Bayu. (br)

Tentang Alim Apriansyah

Ketenangan hati harus kita cari, tidak bisa datang sendiri, dan bila tidak juga kau temui, maka sujudlah pada Illahi

Harap cek kembali

NU Pasaman Dilantik, Pemkab Dukung Program NU untuk Kemaslahatan Umat

Suaraindo.com, Sumbar-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatra Barat, diminta untuk terus tetap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *