Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Nasional · 18 Mar 2024 04:22 WIB ·

Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah. Ini Manfaatnya!


 Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah. Ini Manfaatnya! Perbesar

Suaraindo.com – Dalam upaya meningkatkan kesehatan publik dan mendukung industri lokal, Presiden Joko Widodo telah meresmikan sebuah pabrik percontohan untuk produksi minyak makan merah di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Langkah ini menandakan komitmen pemerintah dalam mengembangkan alternatif sehat untuk minyak goreng konvensional melalui minyak makan merah, yang diproduksi berbasis koperasi dari kelapa sawit.

Minyak makan merah, yang dihasilkan melalui penyulingan dari crude palm oil tanpa proses lebih lanjut, menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Warna merah cerah dan khasnya, yang berasal dari kelapa sawit, menandakan kandungan nutrisi yang kaya.

Menurut indonesiabaik.id, produk ini tetap mempertahankan senyawa fitonutrien penting seperti karoten, tokoferol, tokotrienol, dan squalene, menjadikannya pilihan pangan fungsional yang mampu mencegah stunting dan mendukung perkembangan otak serta metabolisme anak.

Lebih lanjut, minyak makan merah diakui tidak hanya bermanfaat dalam mencegah stunting, tetapi juga dalam membantu perkembangan otak, berkat kandungan asam oleat dan asam linoleatnya. Khasiatnya terhadap kesehatan jantung juga tidak bisa diabaikan.

Seperti yang dilansir oleh Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute, minyak ini menawarkan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular dengan komposisi asam lemak yang mendukung, seperti asam oleat yang tinggi dan asam linoleat yang lebih tinggi dibanding minyak konvensional, serta kandungan tokoferol dan tokotrienol yang bisa mengurangi tekanan darah dan risiko stroke hingga 50%.

Dengan keunggulan ini, minyak makan merah berpotensi besar dalam aplikasi kuliner, mulai dari menumis, salad dressing, hingga bahan baku margarine dan shortening, memberikan alternatif sehat untuk berbagai kebutuhan masak dan makanan.
(BNI)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino

20 May 2024 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum

20 May 2024 - 17:56 WIB

Masyarakat Penerima Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan Meningkat

20 May 2024 - 17:41 WIB

Sambutan Presiden Jokowi Saat Membuka WWF Bali

20 May 2024 - 15:54 WIB

Ingin Tahu Banyak Tentang Air, Elon Musk Mantap Hadiri WWF di Bali

20 May 2024 - 10:17 WIB

Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

17 May 2024 - 23:50 WIB

Trending di Nasional