Menu

Mode Gelap
Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional Viktor Orban Kunjungi Moskow, UE Tanggapi dengan Boikot TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

Nasional · 2 Jun 2024 22:53 WIB ·

Jokowi, Indonesia Tak Akan Tinggalkan Palestina


 Jokowi, Indonesia Tak Akan Tinggalkan Palestina Perbesar

Suaraindo.com – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan bahwa negara tersebut terus mempertahankan prinsip politik bebas aktifnya, yang meliputi perjuangan untuk kemerdekaan setiap bangsa, termasuk Palestina, serta upaya perdamaian global. Hal ini disampaikan dalam pidato saat Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Dumai pada tanggal 1 Juni 2024.

Saudara-saudara sebangsa dan setengah air, Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina, dan memperjuangkan perdamaian dunia,” ujar Presiden.

Jokowi juga menyoroti pengaruh Indonesia dalam arena internasional yang semakin menguat, termasuk keberhasilan sebagai pemimpin G20, kepemimpinan di ASEAN, serta penyelenggaraan World Water Forum yang baru saja dilaksanakan. Ia menekankan bahwa keterlibatan aktif Indonesia di panggung internasional tidak mengurangi fokus negara pada keberlangsungan ekonomi mandiri.

Keaktifan dalam dunia internasional tidak menyurutkan perjuangan kita untuk berdikari dalam bidang ekonomi,” lanjutnya.

Dalam menghadapi ketidakpastian global dan tantangan geopolitik yang meningkat, Jokowi menyatakan bahwa kestabilan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga. Ia menambahkan bahwa negara harus tetap optimis dan berusaha memperkokoh fondasi nasional yang didukung oleh Pancasila, modal sosial dan budaya, serta sumber daya manusia dan alam yang melimpah.

Kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah,” tegasnya.

Sebagai penutup, Jokowi mengingatkan pentingnya menjaga kemandirian dan ketahanan ekonomi nasional dalam rangka memperkuat posisi Indonesia di masa depan.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024

13 July 2024 - 23:25 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Resmikan 2 Kapal Perang Indonesia Buatan Dalam Negeri

12 July 2024 - 19:17 WIB

Indonesia Siap Luncurkan BBM Rendah Sulfur untuk Kurangi Polusi Udara

12 July 2024 - 15:00 WIB

Putus Generasi Sandwich, Ini Program OJK

8 July 2024 - 20:14 WIB

OJK Hadapi Tantangan Identifikasi Rekening Judi Online dengan Transaksi Kecil

8 July 2024 - 20:11 WIB

Smelter Nikel PT KFI di Kalimantan Timur Siap Serap 10 Ribu Tenaga Kerja Lokal

8 July 2024 - 20:08 WIB

Trending di Ekonomi