Menu

Mode Gelap
TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024 Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

Nasional · 4 Jun 2024 20:12 WIB ·

Jokowi : Banyak Kota-Kota Macet


 Jokowi : Banyak Kota-Kota Macet Perbesar

Suaraindo.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kekhawatirannya mengenai meningkatnya kemacetan di berbagai kota di Indonesia saat berbicara di depan para walikota pada acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang diadakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (4/6/2024).

Jokowi menyoroti bahwa kota-kota seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan telah mengalami kemacetan yang signifikan. “Kita lihat banyak kota di negara kita mulai macet, pak Walikota Balikpapan, Balikpapan sudah macet saya dengar. Surabaya sudah macet pak Walikota, sampun pak. Bandung, pak Walikota Bandung sudah macet sudah. Walikota Medan ada? macet,” ungkap Jokowi dalam pidatonya.

Menanggapi situasi ini, Jokowi menekankan pentingnya segera menyiapkan rencana transportasi masal dan umum. Namun, ia juga mengakui bahwa biaya pembangunan infrastruktur transportasi masal seperti MRT, LRT, dan kereta cepat sangat mahal, mencapai miliaran rupiah per kilometer.

“Siapa yang sanggup? ada kota yang APBD-nya sanggup? tunjuk jari saya beri sepeda,” canda Jokowi, menyoroti tantangan pendanaan yang dihadapi.

Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, Jokowi menyarankan pertimbangan untuk menggunakan Autonomous Rapid Transit (ART) atau kereta tanpa rel. Ia juga menyarankan kota-kota yang memiliki kemampuan anggaran untuk berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan untuk eksplorasi pembagian biaya.

“Nanti kalau ada yang APBD punya kemampuan tolong berhubungan dengan pak Menteri Perhubungan. Bisa bagi-bagi 50: 50, 50% APBN 50% misalnya. Kalau tidak 10 – 20 tahun akan datang semua kota akan macet. Gak percaya kita lihat nanti kalau kota-kota gak siapkan diri mengenai transportasi massalnya,” tutur Jokowi.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024

13 July 2024 - 23:25 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Resmikan 2 Kapal Perang Indonesia Buatan Dalam Negeri

12 July 2024 - 19:17 WIB

Indonesia Siap Luncurkan BBM Rendah Sulfur untuk Kurangi Polusi Udara

12 July 2024 - 15:00 WIB

Putus Generasi Sandwich, Ini Program OJK

8 July 2024 - 20:14 WIB

OJK Hadapi Tantangan Identifikasi Rekening Judi Online dengan Transaksi Kecil

8 July 2024 - 20:11 WIB

Smelter Nikel PT KFI di Kalimantan Timur Siap Serap 10 Ribu Tenaga Kerja Lokal

8 July 2024 - 20:08 WIB

Trending di Ekonomi