Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Internasional · 14 Apr 2024 22:26 WIB ·

Iran Serang Israel, Balasan Tewasnya Petinggi Militer Iran di Suriah


 Iran Serang Israel, Balasan Tewasnya Petinggi Militer Iran di Suriah Perbesar

Suaraindo.com – Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta menyatakan bahwa serangan yang dilakukan Iran terhadap Israel adalah tindakan defensif. Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran, tindakan ini adalah respons atas agresi berulang oleh rezim Zionis yang telah menimbulkan korban di kalangan penasihat militer Iran yang sah di Suriah, sesuai dengan undangan pemerintah Suriah.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Minggu (14/4/2024), disebutkan bahwa serangan militer oleh Iran terhadap pangkalan militer Israel merupakan balasan atas serangan Israel pada 1 April 2024 terhadap fasilitas diplomatik Iran di Damaskus. “Dimana menyebabkan kesyahidan para penasihat militer resmi Iran yang secara resmi hadir di Suriah atas undangan pemerintah Suriah dan beraktivitas disana; serangkaian serangan militer dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Iran terhadap pangkalan militer rezim Zionis,” tulis Kedubes Iran.

Kementerian Luar Negeri Iran juga menekankan kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan hukum internasional, menunjukkan tekad Iran dalam mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan nasionalnya. Pernyataan tersebut juga menyoroti bahwa tindakan defensif Iran adalah bagian dari pendekatan bertanggung jawab negara tersebut terhadap perdamaian dan keamanan regional serta internasional, dalam menghadapi apa yang disebut sebagai tindakan ilegal dan genosida oleh rezim Zionis terhadap Palestina dan agresi terhadap negara-negara di kawasan.

“Tindakan defensif Republik Islam Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina dan agresi militer terhadap pemerintah negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluaskan api peperangan terus dilakukan oleh rezim Zionis,” tambah pernyataan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Iran juga mengindikasikan bahwa Iran siap mengambil langkah-langkah defensif lebih lanjut jika diperlukan untuk melindungi kepentingan sahnya dari tindakan agresif.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit

20 May 2024 - 17:58 WIB

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter dan Kemungkinan Penggantinya

20 May 2024 - 12:57 WIB

Heli Jatuh di Iran, Berisi Ebrahim Raisi dan 3 Pejabat Lain

20 May 2024 - 10:19 WIB

Chang’e-6, Misi Ambisius China Menuju Eksplorasi Ruang Angkasa

13 May 2024 - 14:27 WIB

Keputusan Tak Terduga Vladamir Putin, Ekonom Sipil diangkat menjadi Menteri Pertahanan

13 May 2024 - 14:24 WIB

Skandal Seks Trump dengan Bintang Panas Makin Panas

10 May 2024 - 15:52 WIB

Trending di Internasional