Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto

Instruksi Kapolda Sumbar, Anggota Positif Narkoba akan Dipidana

Suara Indo, Padang – Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, jika ada personel yang kedapatan positif narkoba tidak hanya ditindak secara internal, tetapi juga dilakukan proses pidana untuk memberikan efek jera.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto menuturkan, instruksi Kapolda itu sebagai bentuk komitmen dalam memberantas narkotika dan obat-obatan berbahaya, khususnya di internal Polri. Bagi yang anggota yang positif narkoba akan diberikan sanksi yang sangat tegas.

“Sesuai instruksi dari Kapolda, bahwa mulai tahun 2021 ini anggota yang positif narkoba akan dilakukan proses pidana. Perintah bapak Kapolda seperti itu. Jadi, tidak hanya tindakan disiplin tapi juga akan dipidana,” kata Kombes Pol Satake Bayu, di Mapolda Sumbar, Selasa (12/01).

Dijelaskan, Kombes Pol Satake Bayu, pemberian pidana bagi anggota Polri di jajaran Polda Sumbar yang diketahui positif narkoba tersebut untuk memberikan efek jera dan mencegah anggota lainnya untuk tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Gugatan Praperadilan HRS Ditolak, Kuasa Hukum Siapkan Judicial Review

“Jadi, kita ke depan akan gencar melakukan tes urine secara dadakan mulai dari Polda, Polres, hingga ke tingkat Polsek. Harapan kita, dengan adanya instruksi ini, tidak ada anggota Polda Sumbar dan jajaran yang terlibat penyalahgunaan narkotika, karena sanksi tegasnya bisa dipecat,” tegasnya.

Kombes Pol Satake menuturkan, sebagaimana diketahui, sepanjang tahun 2020, sebanyak 23 personel Polisi di Sumbar diberhentikan secara tidak hormat dari kedinasannya alias dipecat. Pemecatan itu lantara personel tersebut terlibat penyalahgunaan narkotika dan tindak pidana lainnya.

“Terkait jumlah personel yang dipecat, pada tahun 2020 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini ada 23 personel yang mendapat Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). Anggota yang melakukan pelanggaran disiplin karena positif urine narkoba sebanyak 51 personel dan dipidana tiga personel. Dari 23 yang dipecat, tujuh karena narkoba,” pungkasnya.(br)

Tentang Alim Apriansyah

Ketenangan hati harus kita cari, tidak bisa datang sendiri, dan bila tidak juga kau temui, maka sujudlah pada Illahi

Harap cek kembali

Terjaring Razia, Motor Knalpot Bising Dikandangkan

Suara Indo, Padang – Seluruh Polsek yang berada di wilayah Hukum Polresta Padang serentak melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *