Menu

Mode Gelap
TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024 Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

Internasional · 11 Jun 2024 19:12 WIB ·

Insiden Perbatasan: Pasukan Korea Selatan Beri Peringatan ke Tentara Korea Utara


 Insiden Perbatasan: Pasukan Korea Selatan Beri Peringatan ke Tentara Korea Utara Perbesar

Suaraindo.com – Pasukan Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah tentara Korea Utara secara tidak sengaja melintasi perbatasan bersama. Militer Seoul melaporkan kejadian ini di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat serangkaian tindakan balasan antara kedua negara. Insiden ini terjadi setelah Korea Selatan menerima balon-balon berisi sampah dari Korea Utara dan melanjutkan siaran propaganda melalui pengeras suara di perbatasan.

Dalam konferensi pers pada hari Selasa, militer Korea Selatan meremehkan pentingnya insiden tembakan peringatan tersebut. Mereka menjelaskan bahwa tentara Korea Utara segera mundur dan tidak menunjukkan niat menyerang. Kolonel Lee Sung-jun, juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, menekankan bahwa tidak ada gerakan mencurigakan selain mundurnya tentara Korea Utara setelah tembakan peringatan.

Laporan mengenai insiden ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan setelah peluncuran balon-balon sampah dari Korea Utara ke Korea Selatan. Pemerintah Seoul juga melanjutkan siaran propaganda yang memicu peringatan dari Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kim Yo Jong memperingatkan bahwa siaran tersebut bisa memicu tindakan balasan yang tidak ditentukan dari Korea Utara.

Insiden pada hari Minggu ini menandai kejadian pertama baku tembak di Zona Demiliterisasi (DMZ) sejak tahun 2020. Militer Korea Selatan melaporkan bahwa sekitar 20 tentara Korea Utara terlibat dalam insiden ini, namun mereka tidak dapat memastikan berapa banyak yang benar-benar melintasi Garis Demarkasi Militer (MDL). Tembakan peringatan dari pasukan Korea Selatan tidak melintasi MDL ke sisi DMZ Korea Utara. Kawasan DMZ yang penuh dengan hutan dan ranjau darat membuat penanda MDL sulit terlihat tanpa jalur yang jelas.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS

14 July 2024 - 12:46 WIB

Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas

14 July 2024 - 10:46 WIB

Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

14 July 2024 - 10:43 WIB

Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

13 July 2024 - 22:49 WIB

Laporan Intelijen: Rudal Buatan Iran Diduga Serang Kapal Tanker Norwegia oleh Houthi di Laut Merah

12 July 2024 - 15:18 WIB

Khawatir Deepfake: Teknologi AI Jadi Ancaman Serius Menjelang Pemilu AS

12 July 2024 - 15:12 WIB

Trending di Internasional