Habib Rizieq Shihab yang sudah ditetapkan tersangka dibawa ke Rutan Narkoba Polda Metro Jaya usai menjalani pemeriksaan untuk menjalani penahanan selama 20 hari ke depan.
Habib Rizieq Shihab yang sudah ditetapkan tersangka dibawa ke Rutan Narkoba Polda Metro Jaya usai menjalani pemeriksaan untuk menjalani penahanan selama 20 hari ke depan.

Habib Rizieq Ditahan di Polda Metro Selama 20 Hari ke Depan

Suaraindo.com, Jakarta – Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya resmi menahan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang telah ditetapkan tersangka dugaan kasus penghasutan dan kerumuman yang terjadi Pertamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

“Setelah menjalani pemeriksaan, penyidik melakukan penahanan terhadap tersangka Habib Rizieq Shihab selama 20 hari kedepan. Mulai tanggal 12 Desember 2020 hingga 31 Desember 2020 di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Minggu dinihari (13/12).

Dijelaskan Irjen Pol Argo, dilakukannya penahanan terhadap tersangka Rizieq Shihab karena dua alasan yaitu m alasan obyektif dan subyektif. Untuk alasan obyektif ancaman hukuman yang disangkakan kepada tersangka di atas lima tahun.

“Untuk alasan subyektif dilakukan penahanan, agar tersangka tidak melarikan diri, agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti dan ketika tidak mengulangi perbuatannya. Kemudin, dilakukan penahanan agar mempermudah proses penyidikan,” ungkap Irjen Pol Argo.

Sementara itu, terkait lima tersangka lainnya yang juga disangkakan kasus kerumuman acara pernikahan putri Habib Rizieq dan maulid nabi di Pertamburan, Jakarta Pusat, Irjen Pol Argo menegaskan hanya ada dua opsi yaitu menyerahkan diri atau akan dicari.

“Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, terhadap lima orang yang juga sudah ditetapkan tersangka diminta datang atau kita yang cari. Kita tunggu saja,” tegas Irjen Pol Argo.

Sebelumnya, Habib Rizieq Shihab terlihat keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengenakan rompi oranye yang bertuliskan tahanan dengan tangan terikat kabel ties, Minggu dinihari, (13/12) sekitar pukul 00.30 WIB. Habib Rizieq tampak mengangkat kedua tangannya yang diikat sembari dibawa masuk ke dalam mobil tahanan.

Habib Rizieq selanjutnya dibawa ke gedung Rutan Narkoba Polda Metro Jaya yang letaknya tidak jauh dari gedung Ditreskrimum. Lagi-lagi, saat keluar dari mobil tahanan dan dibawa masuk ke dalam rutan, Habib Rizieq kembali mengangkat kedua tangannya yang terikat kabel ties. (br)

Tentang Arya Pratama

Harap cek kembali

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy memperlihatkan foto barang bukti bahan peldedak dan dokumen yang diamankan dari lima terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Aceh

Tangkap 5 Terduga Teroris di Aceh, Densus 88 Sita Bahan Pembuat Bom

Suara Indo, Aceh – Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Terror menangkap lima orang terduga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *