Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Otomotif · 31 Mar 2024 07:30 WIB ·

Gunakan Baterai Lokal, Harga Mobil Listrik Turun 30%


 Gunakan Baterai Lokal, Harga Mobil Listrik Turun 30% Perbesar

Suaraindo.com – Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan Indonesia dalam waktu dekat ini akan mulai produksi baterai untuk kendaraan listrik. Apabila mobil-mobil listrik buatan Indonesia menggunakan baterai tersebut, maka diprediksi harganya bisa lebih terjangkau.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan dengan memproduksi baterai mobil listrik (electric vehicle/EV) dalam negeri, maka bisa mengurangi harga kendaraan tersebut hingga 30 persen.

“Saya kira akan ada penurunan 20-30 persen dari harga mobil EV,” kata Agus

Dirinya mengatakan secara komponen, harga baterai mobil listrik cukup mahal karena berkisar 40-50 persen dari total harga mobil listrik yang dijual. Dengan demikian, dengan memproduksi baterai dalam negeri, secara langsung dapat memangkas harga jual mobil ramah lingkungan tersebut.

Lebih lanjut, Agus Menperin mengatakan selain dapat memotong harga jual dari mobil listrik, dengan memproduksi baterai produksi dalam negeri juga turut meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Hal tersebut, menurutnya, dapat menaikkan minat investor untuk mau berinvestasi di Indonesia.

“Kalau baterainya sudah kita produksi, industri dalam negerinya sudah memproduksi baterai, nanti yang pertama nilai TKDN kita akan semakin tinggi, insya Allah nanti akan justru menarik investasi-investasi,” ujarnya.

Saat ini diketahui sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang memproduksi mobil listrik di dalam negeri. Misalkan saja Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev serta BinguoEV, kemudian ada DFSK Gelora E, Seres E1, dan Omoda E5 yang dirakit di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tren Pembiayaan Kendaraan Listrik Menunjukkan Kinerja Positif pada Awal Tahun 2024

28 April 2024 - 21:34 WIB

Hindari Kecelakaan, Pemudik Diminta Rutin Cek Kesehatan di Posko Mudik

2 April 2024 - 14:05 WIB

Produsen mobil China BAIC resmi masuk ke pasar Indonesia

2 April 2024 - 13:52 WIB

Pakar : Alasan Harga Mobil China Terjangkau di Indonesia

2 April 2024 - 13:49 WIB

Tips Menjaga Konsentrasi Berkendara Selama Perjalanan Mudik

31 March 2024 - 07:26 WIB

Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia Tembus Rp 4,49 Triliun

5 March 2024 - 08:13 WIB

Trending di Otomotif