Menu

Mode Gelap
Xi Jinping: Pengangguran Pemuda Harus Jadi Prioritas Nasional Viktor Orban Kunjungi Moskow, UE Tanggapi dengan Boikot TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

Nasional · 28 May 2024 21:23 WIB ·

Gen Z Banyak Menganggur, Ini Penyebabnya


 Gen Z Banyak Menganggur, Ini Penyebabnya Perbesar

Suaraindo.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah signifikan kaum muda Indonesia yang tidak terlibat dalam pendidikan, pekerjaan, atau pelatihan (NEET), yang mencapai 22,25% dari total penduduk usia 15-24 tahun. Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Maliki, mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi pada tingginya jumlah NEET, termasuk kesalahan memilih jurusan dan tingginya biaya pendidikan. “Kalau dia memang mempunyai latar belakang yang cukup unik atau tidak cocok, bisa sampai 1 atau 2 tahun, NEET terjadi karena masalah ini,” ujar Maliki.

Maliki menambahkan, “Ada ketidakcocokan antara apa yang dipelajari di sekolah atau pelatihan dengan permintaan dunia kerja, mismatch ini yang memberikan waktu tunggu cukup panjang,” menekankan dampak negatif mismatch skill terhadap lapangan kerja untuk kaum muda. Dia juga menyebutkan bahwa biaya pendidikan tinggi sering menjadi penghalang bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mendukung pandangan ini, menyoroti ketidaksesuaian keterampilan sebagai penyebab utama pengangguran di kalangan Gen Z. “Bisa saja skill mismatch, skill yang mereka miliki beda dengan yang dituntut perusahaan,” kata Denni, menambahkan bahwa masalah ini diperparah oleh kurangnya dana untuk pendidikan dan pelatihan.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024

13 July 2024 - 23:25 WIB

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Resmikan 2 Kapal Perang Indonesia Buatan Dalam Negeri

12 July 2024 - 19:17 WIB

Indonesia Siap Luncurkan BBM Rendah Sulfur untuk Kurangi Polusi Udara

12 July 2024 - 15:00 WIB

Putus Generasi Sandwich, Ini Program OJK

8 July 2024 - 20:14 WIB

OJK Hadapi Tantangan Identifikasi Rekening Judi Online dengan Transaksi Kecil

8 July 2024 - 20:11 WIB

Smelter Nikel PT KFI di Kalimantan Timur Siap Serap 10 Ribu Tenaga Kerja Lokal

8 July 2024 - 20:08 WIB

Trending di Ekonomi