Menu

Mode Gelap
TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024 Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

Internasional · 25 May 2024 23:57 WIB ·

G7 Eropa Serukan Persatuan Menghadapi Kebijakan Tiongkok


 G7 Eropa Serukan Persatuan Menghadapi Kebijakan Tiongkok Perbesar

Suaraindo.com – Para menteri keuangan dari kelompok G7 yang terdiri dari negara-negara maju di Eropa menegaskan pentingnya persatuan dalam menghadapi kebijakan industri Tiongkok yang dianggap tidak adil. Dalam pertemuan yang berlangsung di Stresa, Italia, para menteri dari Jerman, Prancis, dan Italia menyerukan kerja sama untuk melawan dampak kebijakan ekspor Tiongkok yang meningkat.

Pertemuan ini diadakan setelah Amerika Serikat baru-baru ini menaikkan tarif atas beberapa impor dari Tiongkok, termasuk baterai kendaraan listrik dan chip komputer, memicu kekhawatiran atas kemungkinan pembalasan dan fragmentasi perdagangan global. “Amerika Serikat telah mengambil keputusan yang sangat sulit dan Eropa mungkin harus mempertimbangkan apakah akan melakukan hal yang sama,” ujar Menteri Ekonomi Italia, Giancarlo Giorgetti, menggambarkan situasi saat ini.

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, meski tidak meminta negara G7 lainnya untuk meniru langkah AS, mengungkapkan harapannya agar sekutu-sekutunya mendukung posisi Washington. Sementara itu, Menteri Keuangan Prancis, Le Maire, menekankan pentingnya menghindari perang dagang dengan Beijing dan menjaga hubungan ekonomi, meskipun diperlukan perlindungan terhadap praktik perdagangan yang tidak adil dari Tiongkok.

Christian Lindner, Menteri Keuangan Jerman, juga memberikan pandangannya, menyatakan bahwa perang dagang tidak menguntungkan siapa pun. “Perang dagang adalah tentang kekalahan, Anda tidak bisa memenangkannya,” katanya.

Para pemimpin G7 menyoroti perlunya tetap bersatu dan menghindari persaingan internal di antara negara-negara Eropa dalam menghadapi tantangan ini.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS

14 July 2024 - 12:46 WIB

Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas

14 July 2024 - 10:46 WIB

Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

14 July 2024 - 10:43 WIB

Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

13 July 2024 - 22:49 WIB

Laporan Intelijen: Rudal Buatan Iran Diduga Serang Kapal Tanker Norwegia oleh Houthi di Laut Merah

12 July 2024 - 15:18 WIB

Khawatir Deepfake: Teknologi AI Jadi Ancaman Serius Menjelang Pemilu AS

12 July 2024 - 15:12 WIB

Trending di Internasional