BerandaPendidikanElon Musk : Internet Cepat dan Murah Akan Dukung Pendidikan Indonesia

Elon Musk : Internet Cepat dan Murah Akan Dukung Pendidikan Indonesia

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – CEO Tesla Elon Musk menyarankan Indonesia memiliki akses Internet cepat dan tersebar merata. Hal itu disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam Festival Kampus Merdeka G20 2022.

“Saya rasa memiliki internet dengan kecepatan tinggi di seluruh Indonesia akan menjadi sangat penting. Dengan begitu setiap orang bisa mengakses pendidikan secara mudah,” kata Elon di siaran YouTube Kampus Merdeka, pada Selasa lalu.

Elon menyebut internet bukan cuma harus cepat, tetapi juga dengan harga terjangkau oleh masyarakat.

“Jadi, itu semua bisa dilakukan jika ada perangkat digital dan jaringan internet yang cepat dan internet murah tersedia,” tutur dia.

Elon mencontohkan perkuliahan yang diberikan gratis oleh dosen-dosen Massachusetts Institute of Technology (MIT) di YouTube. Dia menyebut apa pun tentang internet apabila dilengkapi perangkat dan akses murah belajar apa saja bisa dilakukan.

“Penyediaan akses internet, paling tidak pada level pendidikan yang memungkinkan Anda untuk belajar dari internet. Jadi, apa pun yang terkait, penyebaran akses Internet,” tutur Elon.

Semtara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong literasi digital agar dapat meningkat di satuan pendidikan. Budaya berinternet sehat juga diharapkan terjadi di antara pelajar.

“Karena saat berteknologi dengan internet ini ada positif dan negatif. Tentu kita harapkan yang menjadi budaya adalah internet sehat,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, Hasan Chabibie, dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar: Akselerasi Transformasi Digital untuk Pendidikan Berkualitas di YouTube Kemendikbud RI, Kamis, (17/11/2022).

Hasan mengatakan budaya bisa dibentuk. Sarana paling tepat membentuk budaya internet sehat bagi pelajar ialah sekolah.

“Sarana yang paling efektif untuk membudayakan internet secara sehat adalah proses pendidikan itu sendiri dan itu terjadi di sekolah,” tutur dia.

Hasan menuturkan praktik itu bisa dimulai ketika guru menyampaikan materi menggunakan internet dan teknologi. Menurutnya hal itu akan membentuk mindset pelajar ketika memandang internet dan teknologi.

“Mindset anak-anak ini akhirnya terbentuk jika menggunakan internet ini tujuannya belajar, mencari informasi, menggunakan internet untuk mencari riset untuk digunakan dan dikembangkan. Itulah titik kritis persoalan budaya penggunaan internet secara sehat,” ujar dia. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini