BerandaHukum & KriminalDirjen Imigrasi Amankan Delapan WNA Asal Korsel

Dirjen Imigrasi Amankan Delapan WNA Asal Korsel

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Delapan warga negara berkebangsaan Korea Selatan (Korsel) diamankan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). WNA tersebut diduga telah menyalahgunakan Visa On Arrival (VOA) atau visa kedatangan untuk kepentingan bekerja.

Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana mengatakan, mereka diamankan setelah menggelar ajang pencarian bakat di salah satu pusat perbelanjaan di Indonesia.

Menurut Widodo, 8 warga negara Korsel itu dipekerjakan di Indonesia untuk ajang pencarian bakat yang disiarkan langsung di stasiun TV KBS Korea. Mereka diketahui merupakan anggota tim kreatif sebuah production house.

“Enam orang tim kreatif ini datang menggunakan VOA dan mereka di-hire oleh dua orang WN Korea Selatan, satu pemegang VOA dan yang lain pemegang KITAS. Total ada delapan paspor Korsel yang kami amankan,” ujar Widodo Ekatjahjana melalui keterangan resminya, Rabu (23/11/2022).

Widodo menjelaskan, bahwa para WNA asal Korsel tersebut diduga menyalahgunakan VOA untuk bekerja di sebuah rumah produksi. Mereka diperkerjakan di Indonesia untuk melakukan pekerjaan dalam ajang pencarian bakat yang disiarkan langsung di stasiun televisi KBS Korea.

Demikian diungkapkan Widodo sekaligus menanggapi video yang beredar di masyarakat terkait adanya petugas Imigrasi yang membawa paksa empat warga negara Korsel tersebut. Pihak Imigrasi juga telah melakukan pemeriksaan terhadap para warga Korsel tersebut.

Dari hasil pemeriksaan intensif Ditjen Imigrasi, para warga negara Korsel tersebut mengklaim diperintah agen yang membawa mereka ke Indonesia. Widodo menduga pernyataan tersebut hanya sebagai upaya playing victim mereka pada saat dibawa oleh petugas Imigrasi.

“Sejauh ini, tindakan petugas sudah sesuai prosedur karena ada perlawanan dari orang asing tersebut. Akan tetapi Saya tetap perintahkan agar Direktur Wasdakim melakukan pemeriksaan dan mendalami petugas-petugas imigrasi yang bertugas pada saat itu,” jelas Widodo.

Widodo juga mengaku telah memerintahkan Direktur Pengawasan dan Penindakan (Wasdakim) Keimigrasian untuk mengambil langkah tegas dengan memeriksa agen serta pengurus yang menyuruh empat WN Korsel tersebut sesuai aturan hukum. (*/tp)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini