Cara Lepas dan Pasang Aki Mobil Yang Benar Serta Aman

suaraindo.com, Jakarta – Aki merupakan komponen penting pada kendaraan. Aki memiliki fungsi sebagai penyuplai daya listrik ke komponen elektronik pada kendaraan.

Jika tidak ada aki atau aki rusak, maka kendaraan tidak dapat dinyalakan atau distarter. Aki harus dirawat dengan benar agar tahan lama.

Terdapat cara lepas dan pasang aki yang benar agar terhindar dari kerusakan sistem, korsleting, ataupun risiko berbahaya lainnya.

Selama proses pelepasan maupun pemasangan aki, pastikan Anda tenang dan melakukannya dengan penuh kehati-hatian.

Berikut cara lepas dan pasang aki mobil yang benar serta aman

Cara Lepas Aki yang Benar

Sebelum melepas aki mobil, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjaga keselamatan, mengingat isi dari aki bersifat korosif yang bisa melukai jika terkena kulit.

  • Siapkan peralatan

Sebelum melepas aki, persiapkan dahulu peralatan yang akan digunakan untuk melepas dan memasang kembali aki. Antara lain, obeng, kunci pas, tang, dan wadah untuk menempatkan aki. Dengan mempersiapkan peralatan, waktu yang Anda perlukan lebih singkat.

  •  Matikan kendaraan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum melepas aki adalah mematikan kendaraan. Jangan pernah melepas aki pada saat kendaraan masih dalam kondisi menyala. Sebab, hal ini bisa menyebabkan korsleting pada kelistrikan.

  • Lepas kutub negatif

Seperti pada baterai umumnya, aki juga memiliki kutub positif dan negatif. Pada saat ingin melepasnya, hindari asal cabut kabel yang tersambung pada dua pole atau kutub aki.

Pastikan Anda melepas kabel pada kutub negatif aki terlebih dahulu. Anda bisa melepasnya dengan menggunakan kunci pas atau tang. Tak perlu khawatir, karena sudah terdapat tanda penunjuk posisi negatif dan positif pada aki.

  • Lanjut lepas kutub positif

Setelah kutub negatif dilepas, selanjutnya lepaskan kabel pada kutub positif. Pastikan juga klem atau kabel jangan ada yang menyentuh kutub positif karena nantinya akan teraliri listrik. Biasanya, pabrikan akan memberikan warna merah pada kutub positif aki.

  • Lepas bracket atau pengunci

Bracket atau pengunci aki adalah komponen yang berfungsi untuk mengunci aki agar tetap berada di tempatnya dan mencegah goncangan pada saat kendaraan berjalan.

  • Angkat aki dari tempatnya

Setelah bracket terlepas, maka Anda bisa mengangkat aki dari tempatnya. Pada saat mengangkat aki ini harus dalam posisi sejajar. Hal ini penting untuk menjaga agar air aki tidak tumpah.

Cara Pasang Aki yang Benar

Cara memasang aki yang benar sejatinya tak jauh berbeda dengan cara melepasnya. Jika ingin memasang aki kembali, sebaiknya Anda bersihkan dahulu bodi aki sebelum dipasang, kemudian ikuti tahap berikut.

  • Pasang aki

Letakkan aki baru atau yang lama ke tempatnya. Perhatikan posisi kutub positif dan negatif aki supaya tidak tertukar. Selain itu, pastikan juga aki dalam posisi yang pas atau tidak miring sebelah.

  • Pasang kabel kutub positif

Kebalikan dari melepas aki, pasang aki dimulai dengan memasang kabel pada kutub positif terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk menghindari kemungkinan percikan api yang timbul. Pastikan klem terpasang dengan sempurna.

  • Pasang kabel kutub negatif

Selanjutnya pasang kabel dan klem pada kutub negatif aki. Tak perlu panik jika terdapat percikan api pada saat memasang kabel kutub negatif. Percikan ini hanya sesaat dan akan menghilang saat aki terpasang dengan baik.

  • Pasang bracket

Jika kedua kutub sudah terpasang dengan sempurna, langkah terakhir adalah dengan memasang bracket kembali. Pastikan bracket terpasang dengan sempurna untuk mencegah goncangan.

Setelah proses ini selesai, cobalah nyalakan mesin mobil untuk memastikan pemasangan aki tadi telah berhasil atau belum.

Dengan memperhatikan cara lepas dan pasang aki yang benar, maka akan mencegah terjadinya risiko berbahaya yang mungkin muncul saat proses instalasi. Selamat mencoba. (*/Rhd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *