BerandaNasionalEkonomiBanten Disiapkan Jadi Lumbung Cabai Nasional

Banten Disiapkan Jadi Lumbung Cabai Nasional

- Advertisement -spot_img

suaraindo.com, Jakarta – Badan Pangan Nasional /National Food Agency (NFA) mendorong upaya pemerintah Provinsi Banten mengembangkan potensi cabai merah sehingga dapat meningkatkan kontribusi bagi ketersediaan stok cabai nasional sebagai lumbung nasional.

Harapan tersebut disampaikan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi saat menghadiri Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Pandeglang, Banten, kamis (10/11/2022).

Arief menjelaskan bahwa komoditas cabai merupakan salah satu dari 11 komoditas strategis yang diatur dalam Perpres No. 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

NFA saat ini bersama kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah tengah mengebut peningkatan produktivitas dan ketersediaan 11 komoditas pangan strategis tersebut, salah satunya cabai.

“Berdasarkan Perpres No. 125 tahun 2022 kedepannya kita akan memiliki cadangan pangan sejumlah komoditas, salah satunya cabai, untuk pengendalian stok dan harga. Untuk itu, kita akan dorong terus pemerintah daerah mengembangkan cabai,” tegasnya.

Arief menerangkan langkah untuk memastikan stabilisasi cabai, dapat dilakukan dengan mengatur pola tanam, mobilisasi stok, serta teknologi memperpanjang masa simpan dengan menggunakan head pump drier dan cold storage.

“Pengaturan pola tanam dapat dilakukan melalui pendampingan dan edukasi kepada para petani atau kelompok tani, ” terangnya.

Terkait pemanfaatan teknologi, Arief menjelaskan, saat ini NFA telah mengalokasikan bantuan sarana dan prasarana logistik pangan, seperti reefer container, air blast freezer, cold storage, dan heat pump dryer untuk sentra produksi pangan di sejumlah daerah.

Diharapkan dengan bantuan ini pemerintah daerah dapat lebih mengembangkan potensi pangan yang ada di daerahnya. (*)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini