Menu

Mode Gelap
TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania Kereta Api Tanpa Rel Dijadwalkan Tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) Pada Akhir Juli 2024 Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

Internasional · 22 May 2024 15:21 WIB ·

Badan Pangan PBB Memperingatkan Potensi Kegagalan Rute Laut Baru AS Untuk Bantuan Gaza


 Badan Pangan PBB Memperingatkan Potensi Kegagalan Rute Laut Baru AS Untuk Bantuan Gaza Perbesar

Suaraindo.com – Dilansir dari portal media militer AS, Stars and Stripes, World Food Programme (WFP) PBB mengingatkan bahwa proyek dermaga baru senilai 320 juta dolar AS untuk menyalurkan bantuan ke Gaza mungkin gagal kecuali Israel memastikan kondisi yang dibutuhkan kelompok kemanusiaan untuk beroperasi dengan aman. Operasi tersebut dihentikan setidaknya selama dua hari setelah massa menjarah truk bantuan yang datang dari pelabuhan dan seorang pria Palestina terbunuh. Pengiriman dihentikan pada hari Minggu dan Senin setelah sebagian besar truk dalam konvoi bantuan pada hari Sabtu kehilangan semua barang mereka dalam perjalanan ke sebuah gudang di Gaza tengah.

Bantuan pertama yang diangkut melalui laut telah memasuki daerah kantong yang terkepung pada hari Jumat. Pentagon mengatakan pergerakan bantuan dari daerah aman di pelabuhan dilanjutkan pada hari Selasa, namun PBB mengatakan mereka tidak mengetahui adanya pengiriman pada hari Selasa. Badan pangan PBB sekarang sedang mengevaluasi kembali logistik dan langkah-langkah keamanan serta mencari rute alternatif di Gaza.

WFP bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional AS untuk mengoordinasikan pengiriman bantuan tersebut. Hanya lima dari 16 truk bantuan yang meninggalkan daerah aman pada hari Sabtu tiba di gudang yang dituju dengan muatan utuh, sementara 11 truk lainnya dihadang oleh kerumunan orang dan tiba tanpa muatan.

“Tanpa pasokan yang cukup ke Gaza, masalah ini akan terus muncul. Penerimaan dan kepercayaan masyarakat bahwa ini bukan peristiwa yang terjadi sekali saja sangat penting bagi keberhasilan operasi ini,” kata Steve Taravella, juru bicara WFP, melalui email. Kami telah menyampaikan permasalahan ini kepada pihak-pihak terkait dan menegaskan kebutuhan akan langkah-langkah yang lebih efektif untuk memastikan bantuan sampai ke Gaza dengan aman.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

TikTok dan ByteDance Ajukan Tuntutan untuk Batalkan Aturan Penjualan oleh Pemerintah AS

14 July 2024 - 12:46 WIB

Trump Selamat, Pelaku dan Seorang Peserta Kampanye Tewas

14 July 2024 - 10:46 WIB

Trump Ditembak saat Kampanye di Pennsylvania

14 July 2024 - 10:43 WIB

Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla Bertemu Petinggi Hamas di Doha Qatar

13 July 2024 - 22:49 WIB

Laporan Intelijen: Rudal Buatan Iran Diduga Serang Kapal Tanker Norwegia oleh Houthi di Laut Merah

12 July 2024 - 15:18 WIB

Khawatir Deepfake: Teknologi AI Jadi Ancaman Serius Menjelang Pemilu AS

12 July 2024 - 15:12 WIB

Trending di Internasional