Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Internasional · 8 May 2024 15:16 WIB ·

Australia Kecam Cina yang Tembak Suar ke Arah Helikopter MH60R Seahawk Pada Operasi Argos


 Australia Kecam Cina yang Tembak Suar ke Arah Helikopter MH60R Seahawk Pada Operasi Argos Perbesar

Suaraindo.com – Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh helikopter angkatan laut Australia dengan sengaja terbang “dalam jarak dekat” di wilayah udara Tiongkok sebagai “tindakan provokatif” dimasa perselisihan militer antara kedua negara saat ini. Tiongkok telah mengajukan “protes serius” terhadap pemerintah Australia, dan menyatakan bahwa Australia harus “segera menghentikan provokasi dan hype untuk mencegah kesalahpahaman dan salah perhitungan”.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lin Jian mengatakan militer Tiongkok “mengambil tindakan yang diperlukan di lokasi kejadian untuk memperingatkan dan menyiagakan pihak Australia, cara penanganan situasi ini konsisten dengan hukum dan peraturan kami, profesional dan aman”.

Sementara Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles mangatakan bahwa tindakan Tiongkok tersebut dilakukan sebagai balasan Tiongkok yang melepaskan suar di depan helikopter di Laut Kuning ketika Kapal HMAS Hobart berpartisipasi dalam operasi untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara. Australia mengklaim bahwa helikopternya saat itu terbang di perairan internasional di Laut Kuning, antara garis pantai Tiongkok dan Korea, dam menggambarkan insiden tersebut sebagai “tidak profesional”, “tidak aman dan sama sekali tidak dapat diterima”, dan mengatakan bahwa kekhawatiran serius telah disampaikan kepada pemerintah Tiongkok.

Donald Rothwell, profesor hukum internasional terkemuka di Universitas Nasional Australia, mengatakan rujukan pemerintah Australia terhadap “perairan internasional di Laut Kuning” tidak jelas. Dia mengatakan Tiongkok, Korea Selatan, dan Korea Utara semuanya telah menyatakan klaim maritim di Laut Kuning dan tidak ada batas laut yang disepakati.

Singgungan antara Australia dan Tiongkok terjadi sekitar pukul 19.30 pada hari Sabtu. Kapal perusak Australia HMAS Hobart berada di perairan internasional di Laut Kuning, berpartisipasi dalam Operasi Argos untuk menegakkan sanksi internasional terhadap Korea Utara. Helikopter angkatan laut Seahawk, yang ditugaskan di HMAS Hobart, sedang melakukan apa yang digambarkan sebagai penerbangan rutin ketika dikatakan telah dicegat oleh jet tempur J-10 Tiongkok.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit

20 May 2024 - 17:58 WIB

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter dan Kemungkinan Penggantinya

20 May 2024 - 12:57 WIB

Heli Jatuh di Iran, Berisi Ebrahim Raisi dan 3 Pejabat Lain

20 May 2024 - 10:19 WIB

Chang’e-6, Misi Ambisius China Menuju Eksplorasi Ruang Angkasa

13 May 2024 - 14:27 WIB

Keputusan Tak Terduga Vladamir Putin, Ekonom Sipil diangkat menjadi Menteri Pertahanan

13 May 2024 - 14:24 WIB

Skandal Seks Trump dengan Bintang Panas Makin Panas

10 May 2024 - 15:52 WIB

Trending di Internasional