Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Nasional · 12 May 2024 22:36 WIB ·

Asian Ways, Pernyataan Prabowo yang Jadi Sorotan Media Asing


 Asian Ways, Pernyataan Prabowo yang Jadi Sorotan Media Asing Perbesar

Suaraindo.com – Prabowo Subianto, Presiden terpilih Indonesia untuk periode 2024-2029, menjadi pusat perhatian media internasional terkait dengan wawancaranya bersama Al Jazeera. Dalam wawancara itu, seperti yang dilaporkan oleh US News dan Straits Times, Prabowo menekankan kebijakan luar negerinya yang akan mengedepankan ‘Asian Way’ untuk meredam ketegangan regional.

Menurut artikel US News berjudul “Indonesia’s Prabowo Reiterates ‘Asian Way’ to Defuse Tension, Al Jazeera Says,” Prabowo menjelaskan bahwa ‘Asian Way’ merupakan metode penyelesaian masalah di Asia Tenggara yang tidak melibatkan campur tangan asing. “Kami menyelesaikannya tanpa campur tangan asing, kami berbicara, bertemu,” kata Prabowo, seperti dikutip pada Minggu (12/5/2024).

Dalam artikel Straits Times, Prabowo juga menegaskan bahwa Indonesia akan membangun hubungan dengan semua negara tanpa berpihak, termasuk dengan negara-negara besar seperti China dan Amerika Serikat. “Kami mengundang AS, Jepang, Korea dan Eropa. Fakta kami bertemu dengan Anda tidak berarti kami tidak bisa berteman dengan China, India, Rusia,” ujarnya.

Selain itu, Prabowo juga membantah adanya kemunduran dalam demokrasi di Indonesia, menekankan bahwa pergantian pemerintahan telah berlangsung secara damai selama bertahun-tahun. Namun, ia mengakui masih terdapat beberapa masalah yang perlu diatasi, termasuk korupsi dan situasi di Papua. “Kepentingan nasional bisa memandu pendekatan di wilayah tersebut,” tambah Prabowo.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino

20 May 2024 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum

20 May 2024 - 17:56 WIB

Masyarakat Penerima Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan Meningkat

20 May 2024 - 17:41 WIB

Sambutan Presiden Jokowi Saat Membuka WWF Bali

20 May 2024 - 15:54 WIB

Ingin Tahu Banyak Tentang Air, Elon Musk Mantap Hadiri WWF di Bali

20 May 2024 - 10:17 WIB

Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

17 May 2024 - 23:50 WIB

Trending di Nasional