Salah seorang personel Polda Sumbar disuntik vaksin Covid-19.

1.000 Personel Polda Sumbar Disuntik Vaksin Covid-19

Suaraindo.com, Sumbar-Polda Sumbar mulai melaksanakan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk para personelnya. Untuk tahap pertama ini, vaksin diberikan kepada 1.000 personel Polri dan PNS.

“Untuk Polda Sumbar baru hari ini, dimulai para pejabat utama sampai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polda Sumbar,” kata Wakil Kepala Polda Sumbar, Brigjen Pol Edi Mardianto, Kamis (4/3).

Edi menyebutkan untuk dirinya dan Kapolda telah mendapatkan vaksinasi sebelumnya yang dilaksanakan bersama unsur forkopimda. Sehingga saat ini sasaran vaksinasi dilakukan kepada setiap anggota.

“Kalau untuk Kapolda dan saya udah dilakukan bersama forkopimda. Walaupun telat tapi tetap dilakukan. Saya sendiri sudah dilakukan, alhamdulillah ini udah tahap dua,” jelasnya.

Keseluruhan hingga jajaran polres di Polda Sumbar, ditargetkan personel yang mendapat vaksinasi mencapai 10.441 orang. Hingga pelaksanaan vaksinasi tahapan kedua, diusahakan rampung hingga April 2021.

Edi berharap dengan pelaksanaan vaksinasi bagi personel dapat mencegah dan mengurangi resiko terkonfirmasi positif covid-19. Apalagi pihak kepolisian menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penekanan kasus covid-19.

“Vaksin ini kan mencegah, pencegahan untuk tidak sampai menular ke orang lain. Sehingga tidak ada lagi penambahan yang terkonfirmasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Pol drg Lisda Cancer menyebutkan dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya melibatkan 120 orang sebagai vaksinator. Mereka telah ditunjuk dari Biddokkes Polri dan dinas kesehatan.

“120 orang ini tersebar di seluruh jajaran di polres. Saat pelaksanaan telah dilakukan sesuai SOP. Nanti ada empat meja yang dilalui sebelum mendapatkan vaksinasi,” ucapnya.

Meja pertama, personel akan melakukan registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya berpindah meja kedua untuk masuk tahap skrining apakah personel layak untuk mendapatkan vaksin atau tidak.

Jika tidak ada kendala, kemudian baru dilakukan suntik vaksin. Usai mendapatkan vaksin, personel akan diobservasi di meja keempat selama 30 menit.

“Jadi setelah mendapat vaksinasi istirahat 30 menit. Kalau tidak ada keluhan boleh pulang, dan kami keluarkan sertifikasi sementara telah mendapatkan vaksin,” tuturnya.

Lisda mengungkapkan selain di polda, beberapa polres telah lebih dulu melaksanakan vaksinasi. Seperti di Polres Pasaman, Sijunjung hingga Polresta Padang yang kemudian akan diikuti polres lainya.

“Untuk khusus di polda, kami baru mendapat dosis vaksin yang di-drop dinas kesehatan sekitar untuk 1.000 orang. Setelah ini mungkin di-drop lagi oleh dinas kesehatan. Tahap dua kami menunggu informasi. Kami harap April selesai, tergantung ketersediaan vaksin nanti,” ujarnya. (br)

Tentang Chaviz

Harap cek kembali

Panglima TNI: Sebagai Prajurit Profesional, Wanita TNI Juga Memiliki Peran Ganda

Suaraindo.com, Jakarta – Disamping peran sebagai prajurit profesional, para Wanita TNI juga memiliki peran ganda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *