Menu

Mode Gelap
Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia Indonesia Siap Hadapi La Nina Pasca-El Nino Presiden WWC Puji Jokowi Setinggi Langit Presiden Jokowi Inisiasi Empat Hal dalam World Water Forum Bahas RAPBN 2025 dengan DPR, Sri Mulyani Pastikan Transisi Kebijakan Berjalan Mulus

Teknologi · 25 Mar 2024 20:58 WIB ·

1.000 Box Teknologi Mobox Rampungkan Hunian IKN dalam 3 Bulan


 1.000 Box Teknologi Mobox Rampungkan Hunian IKN dalam 3 Bulan Perbesar

Suaraindo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan inovasi teknologi modular volumetrik Mobile Box (Mobox) dari PT Adhi Karya dalam membangun sejumlah infrastruktur untuk hunian di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun pembangunan hunian pekerja konstruksi di IKN dengan luas 25.116 meter persegi juga menggunakan teknologi Mobox sebanyak 1.000 box. Proses pembangunan rampung hanya dalam waktu tiga bulan, plus membangun masjid yang bisa digunakan oleh para tenaga kerja konstruksi.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pemanfaatan teknologi Mobox yang berbentuk modular sangat sesuai untuk banyak tipe bangunan, serta menggunakan sistem knock down yang dapat memberikan efisiensi dalam proses konstruksi di lapangan.

“Kami terus berupaya menggunakan berbagai inovasi teknologi guna mempercepat pembangunan hunian di IKN. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi modular volumetrik Mobile Box (Mobox) yang merupakan salah satu inovasi PT Adhi Karya untuk pembangunan hunian pekerja konstruksi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

Iwan berharap teknologi Mobox dapat membantu pemerintah dalam upaya membangun sejumlah infrastruktur. Seperti berbagai tipe bangunan untuk hunian misalnya temporary facilities, hunian camp pekerja yang memiliki desain dinamis, adaptif, efisien, ramah lingkungan, dan lebih sedikit menggunakan tenaga kerja dalam proses pengerjaan instalasi di lapangan.

Selain itu, Mobox juga diklaim telah teruji sebagai bangunan tahan gempa serta memiliki kualitas baik dan mudah dalam proses pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia serta mudah di bongkar pasang. Sehingga mudah dipindahkan serta dapat dibangun tanpa menggunakan alat berat.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tegas, Menkominfo Minta Elon Musk Buat NOC di Indonesia

20 May 2024 - 18:01 WIB

Luhut Klaim Starlink Lebih Murah Ketimbang Layanan Internet Lain

17 May 2024 - 23:41 WIB

OpenAI Akan Saingi Google, GPT 5 Search Engine Baru?

13 May 2024 - 14:41 WIB

Sepak Terjang Starlink Elon Musk di Indonesia

13 May 2024 - 14:26 WIB

Warren Buffet, AI “Jin” Keluar dari Botol

10 May 2024 - 14:16 WIB

Kendaraan Canggih Diuji Coba di IKN pada Juli 2024

5 May 2024 - 21:47 WIB

Trending di Teknologi